Kompas TV saintek teknologi

Mengenal Komputer Kuantum IBM: Teknologi Masa Depan yang Revolusioner

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 17:55 WIB
mengenal-komputer-kuantum-ibm-teknologi-masa-depan-yang-revolusioner
IBM Quantum System One yang berada di Shin Kawasaki, Tokyo, Jepang. (Sumber: Fadhil Al Birra/Kompas.tv)
Penulis : Fadhilah | Editor : Deni Muliya

KOMPAS.TV - Quantum Computing atau Komputer Kuantum merupakan salah satu inovasi teknologi paling mutakhir dan menjanjikan untuk masa depan.

Banyak perusahaan besar dan kecil berlomba merancang kemampuan komputasi kuantum dalam bidang perangkat lunak dan perangkat keras. Salah satunya adalah IBM.

Raksasa IT ini terus mengembangkan teknologi masa depan yang dibangun di atas komputasi kuantum.

Kompas.tv berkesempatan mewawancarai langsung Vice President for Quantum Growth and Market Development IBM Japan, Joseph S. Broz di Jepang, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pengembangan Komputer Kuantum IBM, Bangun Ekosistem Lebih Luas

Joseph mengulas apa itu komputer kuantum, kecanggihannya, potensi penggunaannya di masa depan, hingga peluang Indonesia masuk dalam ekosistem komputasi kuantum.

Joseph mengatakan, komputer kuantum merupakan metode baru dalam komputasi yang menjanjikan kemampuan besar.

Pentingnya komputasi kuantum, teknologi itu menjanjikan untuk menyelesaikan masalah yang saat ini tidak dapat diselesaikan, bahkan oleh superkomputer terbesar yang ada.

"Jadi, komputasi kuantum benar-benar menyediakan alat dan kemampuan yang kami yakin akan merevolusi berbagai bidang komputasi di industri dan komunitas ilmiah," katanya.

Vice President for Quantum Growth and Market Development IBM Japan Joseph S. Broz (Sumber: Fadhil Al Birra/Kompas.tv)

Apa Itu Komputer Kuantum?

Komputer kuantum adalah jenis komputer yang menggunakan prinsip-prinsip mekanika kuantum untuk memproses informasi.

Berbeda dengan komputer klasik yang menggunakan bit sebagai unit dasar informasi, komputer kuantum menggunakan unit yang disebut qubit (quantum bit).

Qubit memiliki kemampuan unik untuk berada dalam lebih dari satu keadaan sekaligus, berkat prinsip superposisi.

Selain itu, qubit juga dapat saling terkait melalui fenomena keterkaitan (entanglement), memungkinkan pertukaran informasi yang sangat cepat dan efisien. Hal itu juga diakui Josepsh.

Menurutnya, Komputasi kuantum adalah cara mengelola informasi menggunakan hukum-hukum mekanika kuantum.

"Ini adalah metode baru dalam komputasi yang menjanjikan kemampuan besar bagi industri dan komunitas ilmiah sebagai alat komputasi yang benar-benar baru," jelasnya.

Baca Juga: IBM Buka Peluang Indonesia Masuk Ekosistem Komputasi Kuantum, Teknologi Termutakhir

Kecanggihan Komputer Kuantum

Komputer kuantum memiliki sejumlah kecanggihan yang membedakannya dari komputer klasik atau komputer konvensional yang kita kenal selama ini. Potensi penggunaannya pun sangat beragam.

Komputer kuantum memiliki potensi merevolusi berbagai bidang seperti kriptografi, pengoptimalan untuk perencanaan rute dan pengelolaan jaringan, simulasi molekul untuk pengembangan obat, machine learning, pemrosesan data besar, dan banyak lagi.

Hal itu dikarenakan kemampuan komputasi kuantum dalam memproses informasi jauh lebih cepat dan efisien ketimbang komputer klasik.

Meskipun teknologi komputer kuantum masih dalam tahap pengembangan, potensinya mengubah cara kita memecahkan masalah yang sangat kompleks menjadikannya salah satu area penelitian dan investasi teknologi yang paling menarik saat ini.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x