Kompas TV regional jabodetabek

Bogor Mau Punya Transportasi Trem, Perbaikan Jembatan Otista Dibuat Punya 8 Pondasi

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 08:58 WIB
bogor-mau-punya-transportasi-trem-perbaikan-jembatan-otista-dibuat-punya-8-pondasi
Pembangunan Jembatan Otista di Kota Bogor, Jawa Barat, kini memasuki tahap pengeboran area pondasi di delapan titik. Pondasi sebanyak itu dibuat agar Jembatan Otista mampu menopang transportasi trem di waktu mendatang. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembangunan Jembatan Otista di Kota Bogor, Jawa Barat, kini memasuki tahap pengeboran area pondasi di delapan titik. Pondasi sebanyak itu dibuat agar Jembatan Otista mampu menopang transportasi trem di waktu mendatang. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan, saat ini pembangunan utilitas atau bangunan pelengkap jembatan berupa drainase, aliran listrik dan sebagainya telah selesai. 

Tahap saat ini adalah pembangunan pondasi jembatan dengan cara pengeboran. 

"Saat ini yang sedang dikerjakan adalah galian 'bore pile', jadi pondasi bor untuk jembatan trem," kata Rena di Bogor seperti dikutip dari Antara, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga: Pelaku Mutilasi Mahasiswa di Yogyakarta Ditangkap Saat Kabur ke Bogor

Ia menyampaikan, pengeboran untuk pondasi untuk di sisi Kelurahan Baranangsiang sudah tuntas dan tinggal sisi di Babakan Pasar. 

"Itu sisa dua titik lagi. Jadi masing-masing ada 8 titik sebelah kiri dan ada delapan titik sebelah kanan," ujarnya. 

Rena menjelaskan, tahap pembongkaran dan pengecoran bangunan pendukung cepat selesai karena dikerjakan secara berkesinambungan tanpa putus untuk menghasilkan kualitas yang sama di semua area bangunan dan waktu pekerjaan menjadi cepat.

Percepatan pengerjaan Jembatan Otista juga dilakukan agar meminimalisasi dampak ekonomi terhadap warga sekitar jembatan dan masyarakat yang beraktivitas di pusat kota.

Baca Juga: Alih-Alih Sembuh, Ritual Kesehatan di Danau Kuari Bogor Malah Berujung Petaka!

Seperti diketahui, Jembatan Otista adalah salah satu akses menuju Istana Bogor. Perbaikan Jembatan Otista membuat ribuan warga Bogor dan sekitarnya yang biasa melintasinya harus mencari rute lain. 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x