Kompas TV nasional humaniora

8 Tips Menjalin Pertemanan dengan Introver agar Mereka Akrab Denganmu

Kompas.tv - 4 Januari 2024, 18:50 WIB
8-tips-menjalin-pertemanan-dengan-introver-agar-mereka-akrab-denganmu
Ilustrasi. Tips menjalin pertemanan dengan orang yang memiliki kepribadian introver. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap orang di dunia ini diciptakan berbeda-beda, bukan hanya soal fisik, tetapi juga kepribadian. Jangankan kamu dan temanmu, orang yang kembar pun terkadang memiliki kepribadian yang sangat berbeda satu sama lain.

Saat membahas tentang kepribadian, biasanya kita mengelompokkan orang-orang menjadi dua jenis yaitu, orang yang memiliki kepribadian ekstrover dan yang memiliki kepribadian introver.

Orang yang memiliki kepribadian ekstrover dikenal sebagai sosok yang aktif dalam keseharian. Mereka memiliki banyak kegiatan, dan hampir selalu dikelilingi banyak orang dan merasa nyaman dengan situasi tersebut.

Karena mereka senang berinteraksi dan terlibat dalam berbagai situasi sosial, tidak heran jika ekstrover memiliki banyak teman di sekitar mereka.

Keberanian mereka dalam bersosialisasi membuat mereka sering terlihat sebagai individu yang mudah bergaul dan memiliki jaringan pertemanan yang luas.

Berbeda dengan ekstrover yang mudah berteman dengan siapa saja, seorang introver cenderung lebih tertutup dan merasa tidak nyaman dengan sikap terlalu ramah.

Mereka juga akan menjauh jika terlalu didekati. Namun, mereka sulit untuk akrab jika kita bersikap pasif seperti mereka.

Menghadapi orang yang memiliki kepribadian introver memang memerlukan pendekatan yang khusus. Berikut 8 tips menjalin hubungan pertemanan dengan introver, dikutip dari Gramedia.com.

8 Tips Menjalin Pertemanan dengan Introver

1. Habiskan lebih banyak waktu dengan mereka

Introver, terutama dengan tipe restrained (kepribadian introver yang cenderung membatasi diri dalam berinteraksi dengan orang lain), memang tidak mudah didekati.

Dengan menghabiskan lebih banyak waktu bersama, kamu dapat membangun kepercayaan karena mereka cenderung tidak mudah percaya pada orang lain.

Meskipun mungkin sulit pada awalnya, setelah beberapa kali bertemu, mereka dapat menjadi lebih terbuka dan tidak terlihat dingin seperti pada pertemuan sebelumnya.

Baca Juga: Pantas Dikenal Introvert, 4 Zodiak Ini Nyaman kalau Lagi Sendirian

2. Hati-hati dalam memilih pertanyaan

Saat berbicara dengan introver, sulit menebak apa yang ada di dalam pikiran mereka.

Wajah mereka sering kali datar, sehingga interpretasi menjadi sulit. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dalam memilih pertanyaan.

Pastikan pertanyaan yang diajukan tidak menyinggung dan dapat membuat mereka menjauh darimu, mengingat sifat tertutup yang mereka miliki.

3. Bahas topik favoritnya

Meskipun introver memiliki kepribadian yang cenderung pendiam, mereka akan selalu terlihat antusias saat membicarakan topik yang mereka sukai.

Maka dari itu, jika kamu ingin menjalin pertemanan dengan intorver, kamu harus cari tahu apa yang menjadi topik favoritnya.

Membahas hal yang menarik buat mereka, akan membuat introver lebih terbuka, terutama jika kamu memiliki pemahaman dan ketertarikan yang sama terhadap topik tersebut sehingga obrolan menjadi lebih lancar.

4. Jangan kepo

Sebagian besar introver tidak menyukai orang yang terlalu kepo atau suka bertanya banyak tentang urusan pribadi mereka.

Mereka cenderung tertutup, terutama pada orang yang baru dikenal. Sikap ini membuat mereka merasa risih dan cenderung menjauh.




Sumber : Gramedia.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x