Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Edukasi Cegah Tindakan Asusila Lewat Gelar Budaya

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 10:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Inilah cara unik yang dilakukan oleh SMA Kebon Dalem Kota Semarang untuk edukasi mencegah tindakan asusila yakni melalu gelar budaya yang dikemas dalam sebuah teatrikal.

Baik pemain teaterikal, pemain alat musik hingga penari Gambang Semarang semua dilakukan oleh siswa sendiri.

Edukasi dan hiburan ini pun di sambut hangat oleh ratusan siswa dan orang tua murid yang hadir ikut menyaksikan penampilan budaya tersebut.

Menurut Kepala SMA Kebon Dalem, Murti Nugroho, kegiatan seni budaya ini bagian dari implementasi Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dituangkan dalam pagelaran budaya, agar siswa terhindar dari kejahatan asusila, dan agar siswa tidak menjadi korban.

"Yang menjadi keunikan dari Gambang Semarang ini adalah yang menjadi pelaku adalah anak-anak itu sendiri. Notabenenya saat ini, anak muda sudah tergerus dengan globalisasi, dan dengan Gambang Semarang ini uniknya mereka mau bekerja sama," tutur Murti Nugroho. 

Gelar budaya yang berlangsung sore hingga malam hari ini pun menggambarkan keberhasilan penangkapan pelaku asusila, hingga pelaku harus menjalani pemeriksaan polisi dan sidang asusila.

#asusila #gambangsemarang #kebudayaan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x