Kompas TV nasional peristiwa

Dua Tahun Bambang Susantono Jadi Kepala IKN, Mundur Jelang Persiapan Upacara 17 Agustus

Kompas.tv - 3 Juni 2024, 11:29 WIB
dua-tahun-bambang-susantono-jadi-kepala-ikn-mundur-jelang-persiapan-upacara-17-agustus
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024). (Sumber: Adhyatsa Dirgantara/Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menyatakan mundur dari jabatannya. Hal itu disampaikan Mensesneg Pratikno, Senin (3/6/2024).  

"Pak Presiden sudah menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Pada hari ini telah terbit Keppres tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN," kata Pratikno di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kemunduran Bambang cukup mengagetkan karena pada Upacara 17 Agustus tahun ini, akan dilaksanakan di IKN yang juga akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Bahkan rapat persiapan sudah dilaksanakan, yang digelar Rabu (29/5/2024) di Gedung Kementerian Sekretariat Negara. Rapat dihadiri Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Menurut Heru Budi, rapat pada Rabu sore tersebut membahas soal peserta upacara mendatang. "Itu (peserta upacara) yang tadi dibahas. Nanti, besok, ada dua-tiga hari rapat detail masalah tadi," ujar Heru usai rapat pada Rabu malam dikutip dari Kompas.com  

Baca Juga: Uji Coba Taksi Terbang untuk IKN Akan Dilakukan Juli 2024

Bambang dua tahun menjadi Kepala IKN. Dia dilantik pada Kamis 10 Maret 2022 silam, di Istana Kepresidenan Jakarta. Dengan demikian, Bambang menjabat selama dua tahun. 

Lantas siapakah Bambang Susantono? Bagaimana pula perjalanan kariernya?

Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan.

Pria kelahiran 4 November 1963 ini merupakan lulusan dari Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) 1987.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x