Kompas TV nasional peristiwa

Vina, Setelah Film Ditayangkan (II): Polisi pun Tak Tinggal Diam

Kompas.tv - 18 Mei 2024, 06:00 WIB
vina-setelah-film-ditayangkan-ii-polisi-pun-tak-tinggal-diam
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam konferensi pers Jumat (17/5/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Film Vina: Sebelum 7 Hari ternyata berdampak luas. Sebab, kematian tokoh Vina dalam film tersebut, membuat masyarakat penasaran tentang kisah sebenarnya kasus ini.

Benar, kisah dalam film ini diangkat dari peristiwa nyata tentang remaja perempuan bernama Vina yang dibunuh dan diperkosa sekelompok anggota geng motor di Cirebon, Jawa Barat pada Agustus 2016.

Dari 11 pelaku, ada tiga yang masih berkeliaran. Nah, inilah yang membuat publik penasaran. 

Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Pol Jules Abraham Abast mengungkapkan alasan pihaknya kesulitan menangkap tiga pelaku pembunuhan dan pemerkosaan Vina.

Baca Juga: Polisi Sebut 8 Pembunuh Vina Cirebon Sempat Cabut BAP, Kini Dalami Alasan dan Dugaan Intervensi

Ketiga pelaku tersebut adalah Pegi alias Perong (30), Andi (31), dan Dani (28) yang kini masuk daftar pencarian orang (DPO) atau menjadi buron.

Kasus ini sudah terjadi hampir delapan tahun yang lalu. Ketiga pelaku diduga sudah banyak berubah. Beredar kabar mereka juga sudah berganti identitas.   

Karena itu, Jules mengatakan pihaknya terkendala dengan identitas asli para pelaku. Apalagi sejak 2016, saksi yang diperiksa tidak mengetahui identitas asli pelaku, termasuk delapan orang yang telah diadili.

"Terkait identitas, baik itu berdasarkan pemeriksaan saksi maupun fakta di persidangan, kami baru menemukan yang namanya inisial yaitu Dani, Andi, dan Pegi alias Perong. Apakah itu nama asli atau nama samaran, ini masih kami telusuri," kata Jules, Selasa (14/5/2024).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x