Kompas TV nasional politik

Jokowi Mengaku Tak Ragu Beri Jabatan Menteri ATR/BPN ke AHY, Ini Alasannya

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 12:39 WIB
jokowi-mengaku-tak-ragu-beri-jabatan-menteri-atr-bpn-ke-ahy-ini-alasannya
Presiden Jokowi bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka, Rabu (21/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya memilih Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Jokowi menjelaskan bahwa berdasarkan latar belakang pendidikan AHY, ia mengaku tidak ragu memberikan jabatan Menteri ATR/BPN kepada putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Ia menyebutkan bahwa AHY merupakan alumni Akademi Militer dan memiliki gelar master di tiga universitas, yakni di Nanyang Technological University, Singapura;, Harvard University, Amerika Serikat;, dan Webster University Amerika Serikat.

Baca Juga: Resmi! Jokowi Lantik AHY sebagai Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam

“Jadi, pertama, ini urusan yang berkaitan dengan menteri ATR/BPN, Mas Agus Harimurti Yudhoyono. Saya tahu beliau Ketua Umum Partai Demokrat, beliau juga alumni Akademi Militer, juga pendidikan di Nanyang University, di Harvard University, dan di Webster University,” ucap Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (21/2/2024).

“Saya kira saya tidak ragu memberikan tempat untuk Kementerian ATR/BPN karena ini urusan manajemen. Saya kira beliau akan sangat siap,” ujarnya.

Jokowi juga langsung memberikan sejumlah tugas kepada AHY. Ia menjelaskan bahwa ada tiga hal yang telah disampaikan kepada AHY.

Tugas tersebut adalah berkaitan dengan sertifikat tanah elektronik untuk dapat didorong supaya lebih masif. Kemudian, target Hak Guna Usaha (HGU) carbon trading.


“Kedua, target untuk HGU carbon trading yang berkaitan dengan PP, itu harus diselesaikan karena banyak yang ingin masuk. Ketiga, yang berkaitan dengan target 120 juta bidang untuk masuk ke PTSL harus bisa kita selesaikan,” ujarnya.

Baca Juga: Profil AHY yang Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN Kabinet Jokowi, Punya 3 Gelar Master

AHY resmi dilantik sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Merdeka, Rabu. Ia menggantikan Hadi Tjahjanto yang kini menjabat sebagai Menko Polhukam.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x