Kompas TV nasional peristiwa

Gereja Ortodoks di Indonesia soal Rusia-Ukraina: Tidak Berpihak, tapi Dianjurkan Doa di Masa Perang

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 15:54 WIB
gereja-ortodoks-di-indonesia-soal-rusia-ukraina-tidak-berpihak-tapi-dianjurkan-doa-di-masa-perang
Kepala Paroki Gereja Ortodoks Rusia di Indonesia St Thomas, Romo Boris Setiawan. (Sumber: KOMPAS.TV/Iman Firdaus)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konflik Rusia dan Ukraina yang belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda membuat banyak pihak prihatin. Tidak terkecuali bagi Gereja Ortodoks Rusia yang ada di Indonesia. Meski mereka berkiblat ke Rusia, namun tidak ada perintah untuk mendukung salah satu negara yang sedang berkonflik.

Menurut Kepala Paroki Gereja Ortodoks Rusia St Thomas yang ada di Jakarta, Romo Boris Setiawan, keberadaan gereja ortodoks tidak terkait dengan keputusan negara baik Rusia maupun Ukraina.

"Kita patuh pada putusan Patriarch Kirill tidak mendukung satu negara. Tapi diminta doa selama perang setiap hari. Itu seruan dari pimpinan kami," kata Romo Boris saat ditemui KOMPAS.TV di Gereja Ortodoks St Thomas di Jakarta, Rabu (2/3/2022).

Doa di masa perang sudah disampaikan kepada seluruh jemaat dalam "an orthodox prayer for times of war" .

Inti dari doa di masa perang adalah memohon kepada Tuhan agar yang menjadi korban dari perang ini, yaitu warga Rusia dan Ukraina, diberikan kasih dan ampunan yang besar. 

Menurut Romo Boris, sikap Gereja Ortodoks Rusia di Indonesia tidak akan berbeda dengan sikap pimpinan tertinggi gereja yang ada di Rusia.

"Apa yang dianjurkan kita ikuti, dia bapak kita, pimpinan kita. Yang dianjurkan perdamaian antara satu dan lainnya, sebab perang itu tidak diperkenankan oleh Allah," tambahnya.

Baca Juga: Akibat Konflik Rusia dengan Ukraina, Grup Band Green Day Batalkan Konsernya

Menurut Romo Boris, sebenarnya Gereja Ortodoks Rusia dan Gereja Ortodoks Ukraina tidak berbeda. Bahkan, pimpinan dari kedua gereja itu sudah menganjurkan agar Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk bertemu. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: