Kompas TV internasional kompas dunia

Bicara di Konferensi Muenchen, Zelensky: Ukraina Tameng dari Rusia, Tuntut Jangka Waktu Gabung NATO

Kompas.tv - 20 Februari 2022, 13:08 WIB
bicara-di-konferensi-muenchen-zelensky-ukraina-tameng-dari-rusia-tuntut-jangka-waktu-gabung-nato
Ilustrasi. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (tengah) meninjau latihan militer di Rivne, Ukraina, Rabu (16/2/2022). Pada Sabtu (19/2/2022), saat berbicara di Konferensi Keamanan Muenchen, Zelensky meminta dukungan lebih dari Eropa di tengah ancaman invasi Rusia. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

MUENCHEN, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta dukungan lebih dari Eropa di tengah ancaman invasi Rusia. Hal tersebut disampaikan Zelensky di Konferensi Keamanan Muenchen, Sabtu (19/2/2022).

Zelensky mengecam kebijakan negara-negara Eropa yang cenderung berupaya “menenangkan” Kremlin.

Menurutnya, Ukraina selama ini menjadi “tameng” Eropa dari Rusia. Sehingga, Kyiv harus didukung lebih kuat dan menjadi anggota NATO.

“Selama delapan tahun, Ukraina telah menjadi tameng. Selama delapan tahun, Ukraina menahan salah satu tentara terhebat di dunia,” kata Zelensky di Muenchen, Jerman sebagaimana dikutip AFP via Kyiv Post.

Presiden yang dulu berkiprah sebagai komedian ini menuntut “jangka waktu jelas yang mungkin” bagi Ukraina untuk bergabung NATO.

Baca Juga: Perbatasan Ukraina Memanas, Zelensky: Tak Ada Kepanikan dan Tak akan Respons Provokasi

Moskow sendiri menuntut jaminan NATO bahwa Ukraina atau negara bekas Uni Soviet lain tidak akan diterima menjadi anggota. Kremlin juga mendesak NATO menarik pasukan dan persenjataan dari kawasan Eropa Timur.

Untuk menjadi anggota NATO, Ukraina mesti memenuhi sejumlah syarat politik, ekonomi, dan hukum yang pembuktiannya bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Sejauh ini, upaya meredakan eskalasi Rusia-Ukraina masih berjalan buntu. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahkan yakin Kremlin akan memulai invasi dalam hitungan hari.

Di kawasan Donbass, eskalasi antara pasukan Ukraina dan separatis pro-Rusia pun meningkat. Akhir pekan ini, dilaporkan terjadi berkali-kali tembakan artileri di timur Ukraina.

Separatis tembakkan artileri, Rusia uji coba rudal yang bisa memuat nuklir

Pemberontak Ukraina di Donbass dilaporkan telah mengevakuasi warga sipil ke Rusia. Pemimpin pemberontak pun mengumumkan mobilisasi umum pada Sabtu (19/2).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x