Kompas TV internasional kompas dunia

Robot Cerdas Kini Digunakan untuk Bersihkan Lantai Masjidil Haram

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 14:09 WIB
robot-cerdas-kini-digunakan-untuk-bersihkan-lantai-masjidil-haram
Syekh Sudais ketika memperkenalkan robot cerdas untuk Masjidil Haram (Sumber: Arab Gazette)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

MEKAH, KOMPAS.TV – Arab Saudi memperkenalkan robot-robot cerdas untuk membersihkan lantai halaman Masjidil Haram. Perkenalan robot itu diresmikan oleh Syekh Dr. Abdulrahan bin Abdul Aziz al-Sudais, Ulama sekaligus Imam Dua Masjid Suci, Mekkah dan Madinah, Kamis waktu setempat.

Robot-robot cerdas ini nantinya akan bekerja sebagai alat disinfeksi dengan kecepatan yang cukup menakjubkan. Ia akan bekerja selama 4 jam, dengan kapasitas 68 liter air dan mampu mencakup dalam rentang 2000 meter persegi perjam.

“Ini untuk memastikan peziarah mendapatkan pengalaman terbaik dalam ibadah di masjid suci,” kata Sudais sebagaimana dikutip KOMPAS TV dari Saudi Gazette.

Baca Juga: Jamaah Haji Terpilih Mulai Jalani Tawaf Al Qudum di Masjidil Haram Setelah Memasuki Kota Mekah

Sudais juga menjelaskan, pihak Masjidil Haram yang membawa dua masjid suci umat Islam, Nabawi di Madinah dan area masjidil Haram, telah melakukan metodologi yang ketat dan profesional hingga akhirnya memutuskan menggunakan teknologi robot cerdas ini.

Nantinya, para peziarah akan melihat para robot ini bekerja dan membuat segalanya menjadi bersih. Para peziarah yang datang bisa melihat para robot ini sejak menginjakkan kaki di alun-alun dua masjid suci hingga di area ibadah.

Sudais juga memuji otoritas pemerintah Arab Saudi yang serius mempersiapkan teknologi termutakhir guna menghormati masjidil haram.

Baca Juga: Pertama Kalinya Lagi! Jemaah Rapatkan Shaf Salat di Masjidil Haram Selama Pandemi

Selain itu untuk area kebersihan, para robot pintar dan teknologi termutakhir ini juga akan meningkatkan keamanan masjid dan tentu kenyamanan para jemaah.

Teknologi robot cerdas ini juga diklaim akan membuat segalanya jadi mudah bagi peziarah karena sudah sesuai dengan standar internasional.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: