Kompas TV entertainment lifestyle

Hati-Hati Kirim Makanan untuk Pasien Covid-19, Ini Saran dari Ahli Gizi

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 18:47 WIB
hati-hati-kirim-makanan-untuk-pasien-covid-19-ini-saran-dari-ahli-gizi
Ilustrasi isolasi mandiri. (Sumber: Justin Paget via Nova Grid)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Kasus positif Covid-19 di Tanah Air semakin meningkat setiap harinya. Kerabat, teman, dan orang terdekat kita mungkin telah terpapar virus corona ini.

Bagi mereka yang tengah melakukan isolasi mandiri, tentunya kita tak bisa menemaninya. Salah satu hal yang bisa menjadi bentuk support bagi penyintas Covid-19 adalah mengirim makanan.

Namun, saat hendak mengirim makanan untuk mereka yang sedang isolasi mandiri juga tidak boleh sembarang. Sebab, ada beberapa nutrisi yang disarankan agar proses pemulihan bisa berjalan efektif.

Baca Juga: Pengusaha Ayam Geprek Beri Makanan Gratis Untuk Warga Isolasi Mandiri

Lantas, apa saja makanan yang boleh dikirim untuk pasien Covid-19?

Dokter, filsuf, dan ahli gizi komunitas, Tan Shot Yen, mengatakan bahwa pada prinsipnya, makanan yang baik adalah yang memiliki gizi seimbang dan diolah dengan cara yang sehat.

Bagi orang yang sakit, asupan protein menjadi kebutuhan yang penting dan harus diolah dengan cara yang baik. Jika makanan dimasak dengan cara yang salah justru membuat nutrisi tersebut menghilang.

Sebagian dari kita mungkin kerap memberikan bubur kepada orang yang sakit. Menurut Tan, bubur bisa diberikan jika orang tersebut benar-benar memiliki kesulitan untuk mengunyah makanan atau memiliki permasalahan pada usus.

“Bubur itu bagi orang yang punya masalah penyerapan di ususnya. Sup itu lebih kelihatan manusiawi dari sisi rasa dan tampilan,” ujar Tan, dikutip dari Kompas.com, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga: Viral Susu Beruang Bisa Obati Covid-19, Ahli Gizi UGM Buka Suara

Bagi Anda yang ingin mengirim makanan kepada kerabat yang sedang menjalani isolasi mandiri, Tan menyarankan untuk mempelajari bagaimana cara menyajikan makanan yang kaya nutrisi dan tetap terjaga manfaatnya.

Tak menutup kemungkinan juga untuk mengirim sajian makanan nusantara agar membangkitkan selera makan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x