Kompas TV regional jawa timur

Berawal dari Hobi, Cosplay Produksi Rumahan di Malang Tembus Pasar Mancanegara

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 19:58 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Perajin kostum cosplay di Kota Malang meraup untung jutaan rupiah dari kostum buatannya.

Di sebuah rumah di perumahan bulan terang utama, Kota Malang, Ars Ramdha bersama timnya mengerjakan kostum cosplay pesanan pelanggan. Kostum pahlawan super dari film dan serial televisi dikerjakan Ars Ramdha sejak 2009. Berawal dari kecintaannya pada karakter super hero, Ars Ramdha mencoba membuat kostumnya sendiri, tak disangka kostum cosplay buatannya diminati sesama pehobi. Dari situlah, Ars Ramdha menekuni dunia hobi ini.

Berbahan dasar busa hati, dan mesin cetak tiga dimensi ars ramdha bersama timnya mengerjakan semua dari nol, mulai dari desain tiga dimensi perakitan hingga pengecatan. Dalam pengerjaannya, kostum power rangers hingga satria baja hitam dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Ars Ramdha mengaku, selama ini kostum cosplay buatannya banyak dipesan pehobi atau kolektor dari luar negeri.

Maraknya gelaran cosplay dan perayaan halloween diakui ars ramdha membuat studio miliknya selalu kebanjiran pesanan. Selain karakter dalam film, tak jarang pemesan membawa karakter sendiri. Banyaknya pesanan yang masuk membuat pemesan harus rela menunggu, tak tangung tangung daftar tunggu untuk pesanan kostum cosplay ini hingga Oktober 2025.

"Rata-rata yang pesen itu kolektor sama hobbies, orang yang hobi cosplay kadang ada yang pengusaha untuk maskot," kata Ars Ramdha.

Karena membutuhkan ketelitian dalam mengerjakan detail, satu set kostum cosplay bisa memakan waktu hingga 6 bulan untuk kostum dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Sedangkan untuk harga satu set kostum cosplay mulai dari 5 juta hingga 20 juta ke atas.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x