Kompas TV regional bali nusa tenggara

Pekan Ini, Gili Trawangan yang Mendunia Itu Terancam Kehilangan Akses Air Bersih

Kompas.tv - 9 Juni 2024, 10:04 WIB
pekan-ini-gili-trawangan-yang-mendunia-itu-terancam-kehilangan-akses-air-bersih
Arsip. Pantai timur Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Gili Trawangan, pulau kecil yang tak sampai dua jam dikelilingi dengan berjalan kaki di ujung barat laut Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu rupanya tak henti didera masalah. 

Teranyar, polemik air bersih tengah mendera warga dan para penghuninya. 

Pulau wisata yang sudah mendunia itu terancam kehilangan akses air bersih pekan ini. 

Hal itu terungkap dalam surat yang dilayangkan PT Tiara Cipta Nirwana (TCN) pada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Amerta Dayang Gunung yang bekerja sama menyuplai air bersih di area Gili Trawangan.

Dalam surat bertanggal 7 Juni 2024 itu, PT TCN menyebut kegiatan produksi pengolahan air laut menjadi air minum atau desalinasi air laut akan diberhentikan sementara selama lima hari terhitung sejak Kamis (13/6) mendatang. 

Baca Juga: Geger Semburan Lumpur dalam Laut di Gili Trawangan, BKKPN Siap Turunkan Tim Investigasi

“Menindaklanjuti Berita Acara Penghentian Pelanggaran Tertentu dan Tindakan Lain yang Diperlukan Nomor: /PSDKPLan.4/PW.210/VI/2024, tanggal 6 Juni 2024, yang menyatakan bahwa pelaku usaha/penanggung jawab usaha wajib untuk menghentikan kegiatan pemanfaatan air laut selain energi di perairan KKPN (Kawasan Konservasi Perairan Nasional) Gili Trawangan. Maka berdasarkan surat tersebut, kami memberitahukan kegiatan produksi dari pengolahan air laut menjadi air minum (desalinasi air laut) pada 5 (lima) hari ke depan akan kami berhentikan sementara di hari Kamis tanggal 13 Juni 2024 pukul 08.00 Wita sampai terbitnya perizinan PKKPRL (Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut) dan perizinan lainnya yang diperlukan untuk kegiatan pemanfaatan air laut selain energi di perairan KKPN Gili Trawangan,” demikian bunyi surat yang ditandatangani Diretur PT TCN I Made Gde Putra Yasa itu.

Surat pemberitahuan penghentian produksi pengolahan air laut menjadi air minum atau desalinasi air laut PT Tiara Cipta Nirwana (TCN) pada Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung yang bekerja sama menyuplai air bersih di kawasan Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. (Sumber: Istimewa)

Rencana penghentian produksi pengolahan air laut menjadi air minum itu dibenarkan oleh Koordinator Proyek PT TCN I Gede Agus Artha.

“Ya (kegiatan desalinasi air laut akan dihentikan mulai 13 Juni 2024),” ujar Agus dalam pesan tertulis saat dihubungi Kompas.tv, Sabtu (8/6/2024).

Baca Juga: Ada Indikasi Terumbu Karang Rusak karena Limbah di Gili Trawangan, BKKPN Siap Gandeng Polda NTB



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x