Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Hasilkan Cuan, Limbah Kayu Diubah Jadi Kerajinan Barongan

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 13:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, JAWA TENGAH - Subandi yang merupakan warga Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berhasil memanfaatkan limbah kayu palet yang tak berguna bagi sebagian orang, untuk disulap menjadi kerajinan barongan yang bernilai ekonomi. Proses pembuatan barongan diawali dengan mengambar pola di atas kayu palet, selanjutnya kayu dipotong mengikuti garis pola, setelah potongan rangka terbentuk kemudian dirangkai hingga membentuk kepala barongan.

Kepala barongan yang sudah terbentuk kemudian dirapikan dengan tatah dan dihaluskan dengan amplas, setelah itu kepala barongan diberi warna sesuai dengan karakter dan di pasang ornamen hiasan lainnya. Berawal dari niat melestarikan budaya barongan kepada anak anak di desanya, Subandi mengaku sudah menggeluti pembuatan barongan sejak tiga tahun lalu, kemampuanya membuat barongan didapat dari belajar secara autodidak.

Lebih lanjut, Subandi mengatakan, bahan baku membuat barongan ini aslinya dari kayu cangkring, namun dikarenakan bahan baku yang sulit ditemukan sehingga ia berinisiatif menggunakan limbah palet.

“Kalau aslinya itu kayu cangkring buat barongan, tapi kalau dari bahan baku itu kan agak susah. Jadinya saya, limbah palet ini saya pergunakan,” jelas Subandi.

Barongan buatan Subandi laris manis diburu pembeli hingga berbagai daerah, yakni dari wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Harga jualnya dijual mulai harga Rp 30.000 hingga jutaan rupiah, tergantung besar kecilnya ukuran barongan yang dibuat.

#limbahkayupalet #barongan #kudus

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x