Kompas TV regional jabodetabek

Mahfud MD Sebut Peresmian GKI Yasmin Wujud Nyata Kehadiran Pemerintah

Kompas.tv - 9 April 2023, 14:31 WIB
mahfud-md-sebut-peresmian-gki-yasmin-wujud-nyata-kehadiran-pemerintah
Menkopolhukam Mahfud MD berbicara dalam peresmian GKI Pengadilan Pos Jemaat Bogor Barat atau GKI Yasmin, Minggu (9/4/2023). Ia menyebut peresmian itu merupakan wujud nyata kehadiran negara. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

BOGOR, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut peresmian Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan Pos Jemaat Bogor Barat atau GKI Yasmin, merupakan bentuk nyata kehadiran negara.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam sambutannya pada peresmian GKI Yasmin, Minggu (9/4/2023).

“Peresmian Gereja GKI Pengadilan Pos Jemaat Bogor Barat ini merupakan bentuk nyata dari negara dalam hadir dan menjamin hak konstitusional warga negara, khususnya bagi yang beragama Kristen,” katanya.

Dalam sambutannya, Mahfud juga mengatakan, semua agama mengajarkan tentang keberagaman, dan tidak satu pun yang mengajarkan permusuhan serta diskriminasi.

“Yang diajarkan adalah penghormatan dan penghargaan terhadap sesama tanpa melihat perbedaan agama, suku, ras, ataupun golongan.”

Baca Juga: Sejumlah Pejabat Negara Hadiri HUT ke-77 TNI AU, Ada Megawati hingga Mahfud MD

Oleh sebab itu, ia menyampaikan kepada yang hadir, terutama pada pengelola dan aktivis gereja, agar tidak eksklusif.

“Terutama pada para pengelola, aktivis gereja ini, agar Gereja GKI Pengadilan Pos Jemaat Bogor Barat ini tidak eksklusif,” tegasnya.

“Bisa menciptakan harmoni sosial, memupuk dan mengembangkan sikap toleransi, dan memberi kontribusi positif terhadap pembangunan Kota Bogor, bekerja sama dengan umat agama lain.”

Mahfud juga mengatakan, peresmian gereja tersebut merupakan kado paskah yang istimewa.

“Proses pembangunan gereja ini sangat berliku dan melalui jalan panjang.”

Baca Juga: Mahfud MD Doakan Istri Wakapolri: Semoga Makin Mudah Jalannya Menghadap Tuhan

Mahfud kemudian mengenang saat Wali Kota Bogor Bima Arya berkunjung ke kantornya untuk meminta dukungan pembangunan gereja tersebut.

“Saya masih ingat ketika pada tanggal 24 Januari 2020, ketika saya baru saja tiga bulan menduduki jabatan sebagai Menkopolhukam, Pak Bima Arya bersama jajarannya, berkunjung ke kantor saya dan meminta dukungan.”

Saat itu, kata Mahfud, Bima Arya berjanji akan menyelesaikan pembangunan Gereja GKI Pengadilan, yang dulu sangat terkenal dengan sebutan GAKI Yasmin, dan akan menyelesaikannya sebelum masa jabatannya berakhir.

“Janji tersebut sudah dipenuhi. Waktu itu saya memang mengatakan, negara harus hadir, dan apa pun yang dibutuhkan bisa disampaikan kepada saya kalau ada hambatan di lapangan,” tuturnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x