Kompas TV regional berita daerah

Jelang Tahun Baru, BBPOM Sidak Pasar dan Produk Makanan

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 13:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV – Untuk memastikan keamanan produk makanan yang di jual di pasar atau grosir, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang melakukan sidak di beberapa pasar di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dari hasil pantauan di lapangan, banyak ditemukan produk UMKM yang tidak disertai tanggal kedaluwarsa.

Salah satu lokasi yang menjadi tempat sidak pengawasan produk makanan adalah Pasar Peterongan Kota Semarang. Selain menemukan banyak produk UMKM tanpa tanggal kedaluwarsa, petugas BBPOM juga  menemukan sejumlah makanan yang rusak dari sebuah toko, petugas lalu meminta produk-produk tersebut untuk diamankan dan  tidak dijual.

Para pedagang mengaku, mereka selalu melakukan pemeriksaan sebelum produk makanan dijual dan apabila ditemukan makanan yang rusak atau tidak layak di konsumsi maka akan langsung disingkirkan.

“Peredaran produk pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2023 pasti meningkat jadi kami melakukan pengawasan baik di pasar, swalayan, atau toko-toko, “ kata Woro Pujihastuti, Subtansi Pemeriksaan BBPOM Semarang.

Untuk sidak BBPOM kali ini hanya bersifat pengawasan bukan melakukan tindakan, pedagang yang lalai hanya akan diberi pembinaan.

#bbpom #pasarpeterongan #sidakpasar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x