Kompas TV regional wisata

Hari Raya Nyepi, Kawasan Wisata Bromo Bakal Ditutup Total pada 3 Maret 2022

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 16:44 WIB
hari-raya-nyepi-kawasan-wisata-bromo-bakal-ditutup-total-pada-3-maret-2022
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, akan ditutup bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

MALANG, KOMPAS.TV – Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur akan ditutup total pada 3 Maret 2022 bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Novita Kusuma Wardani di Malang, Jawa Timur mengatakan, penutupan kawasan Bromo dari aktivitas wisata dilakukan mulai 3 Maret 2022 pukul 00.00 WIB.

"Kegiatan wisata Bromo ditutup total mulai 3 Maret pukul 00.00 WIB, hingga 4 Maret 2022 pukul 05.00 WIB," kata Novita, Selasa (1/3/2022), dikutip dari Antara

Novita menjelaskan, penutupan wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut tertuang dalam Pengumuman BB TNBTS Nomor PG.01/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2022 yang dikeluarkan pada 1 Maret 2022.

Penutupan kegiatan wisata pada saat perayaan Hari Raya Nyepi tersebut juga telah memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor 107/Pem/PHDI-KAB/I/2022 tertanggal 24 Februari 2022.

"Penutupan juga  memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo, berupa pemberitahuan dan hasil koordinasi dengan sesepuh Tengger," terangnya.

Baca Juga: Budidaya Ganja di Lereng Bromo Terbongkar, Ditanam di Lahan Sayuran

Adapun penutupan kegiatan wisata dari arah Kabupaten Probolinggo akan dilakukan di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Sedangkan dari Kabupaten Pasuruan akan ditutup dari Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

"Untuk dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, akan ditutup di Jemplang," sebutnya.

Sebagai informasi, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saat ini dibuka dengan melakukan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari total kapasitas daya tampung. Hal ini merupakan upaya untuk meminimalisasi penyebaran Virus Corona.

Penetapan kuota kunjungan wisatawan sebanyak 1.468 orang, terbagi di Bukit Cinta dengan kapasitas 62 orang, Bukit Kedaluh 214 orang per hari, Penanjakan 444 orang per hari, Mentigen 110 orang per hari dan Savana Teletubbies sebanyak 638 orang per hari.

Baca Juga: Simak Ketentuan Berikut agar Bisa Masuk! Ini Kuota Gunung Bromo Saat Libur Tahun Baru 2022

 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: