Kompas TV otomotif otonews

Penerapan SIM C1 Motor Gede Masih Tahap Sosialisasi, Belum Punya Tidak Ditilang

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 08:59 WIB
penerapan-sim-c1-motor-gede-masih-tahap-sosialisasi-belum-punya-tidak-ditilang
32 unit sepeda motor Hunter Scramble SK500 untuk ujian praktik SIM C1 akan disebar ke 468 Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) seluruh Indonesia. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah resmi meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 pada Senin (27/5/2024) untuk pengemudi kendaraan roda dua bermesin 250cc-500cc atau yang dikenal sebagai motor gede. Namun, penerapan sanksi bagi pengemudi yang belum menggantinya masih ditunda sementara waktu.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus mengatakan bahwa pihaknya masih memberikan masa transisi dan memprioritaskan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan baru ini.

"Sanksi belum sekarang. Nanti kalau sudah berjalan semuanya normal, saat pengkategorian," ujar Yusri dikutip dari Kompas.com, Senin (27/5/2024).

Yusri menjelaskan bahwa saat ini para pengguna motor dengan kapasitas mesin di atas 500cc masih belum bisa menggunakan SIM C2.

Baca Juga: Update Lokasi dan Jadwal Layanan SIM Keliling DKI Jakarta Selasa 28 Mei 2024

Hal ini dikarenakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan SIM C2 adalah pemohon harus sudah memiliki SIM C1 selama minimal satu tahun.

"Nanti pelan-pelan. Kita masih menyarankan, sosialisasi. Anda punya motor besar 1.000cc, nanti (bikin) ya C2. Kalau punya C saja, bikin yang C1," imbuh Yusri.

Oleh karena itu, Yusri menyarankan para pemilik motor gede untuk saat ini mengajukan pembuatan SIM C1 terlebih dahulu. Setelah memiliki SIM C1 selama setahun, barulah mereka dapat mengajukan SIM C2 untuk kendaraan di atas 500cc.

"Sanksi itu kalau enggak bawa SIM. Kita sosialisasikan dulu biar semuanya genap. Sama dengan pelat putih, kan sekarang masih ada yang hitam. 2027 baru semua pakai pelat putih," tambah Yusri.

Kehadiran SIM C1 penting dengan semakin beragamnya motor bermesin besar di Indonesia, termasuk motor sport, naked bike, touring, adventure, dan skutik 250cc-500cc dari merek ternama seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, dan lainnya.

Baca Juga: Resmi! Sekarang Pengendara Motor 250 cc ke Atas Wajib Punya SIM C1


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x