Kompas TV nasional humaniora

Cerita di Zaman Revolusi: H. M Rasjidi Baru Tahu Jadi Menteri Agama dari Koran

Kompas.tv - 4 Agustus 2024, 06:05 WIB
cerita-di-zaman-revolusi-h-m-rasjidi-baru-tahu-jadi-menteri-agama-dari-koran
Haji Mohammad Rasjidi, Menteri Agama pertama di zaman revolusi.   (Sumber:Muhammadiyah.or.id )
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di usia Republik yang belum genap sebulan, pemerintah kala itu sudah bertekad menyusun kabinet untuk menggerakkan roda pemerintahan. Namun situasi yang serba darurat membuat pengumuman para menteri tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan, orang-orang yang ditunjuk jadi menteri pun baru tahu setelah membaca koran. 

Salah satunya adalah H. M Rasjidi. Dialah menteri agama pertama dan dengan masa jabatan tersingkat dalam kabinet presidensil I (2 September 1945 - 14 November 1945). Haji Mohammad Rasjidi, nama lengkapnya, lahir di Kotagede, Yogyakarta, 20 Mei 1915 dan meninggal 30 Januari 2001.

Baca Juga: Menteri Agama Klaim Tak Ada Penyalahgunaan Kuota Haji Tambahan: Kami Jalankan Amanah Sebaik-baiknya

Dia menjadi menteri agama dalam suasana morat-marit karena republik baru saja berdiri. Tak ada komunikasi antara dirinya dan Presiden Soekarno kala itu soal urusan menteri. Penunjukannya sebagai menteri pun dia ketahui dari koran Merdeka yang kala itu memuat daftar menteri yang baru ditunjuk.

Uniknya lagi, Rasjidi yang ketika lahir bernama Saridi, tidak berlatar belakang pendidikan agama atau dunia pesantren. Dia justru lahir dan dibesarkan dalam keluarga kejawen.

"Aku seorang warga negara Indonesia, dari suku Jawa. Keluargaku adalah keluarga yang biasa disebut 'keluarga abangan', artinya yang beragama Islam tapi tidak melakukan ibadat sehari-hari," kata Rasjidi, sebagaimana dikutip dari buku Menteri-Menteri Agama RI, Biografi Sosial-Politik, yang diterbitkan oleh Litbang Kementerian Agama bekerja sama dengan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM)-IAIN Jakarta, tahun 1998.

Meski besar dalam keluarga abangan, Rasjidi justru memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang agama Islam.

Dia membaca dan menghafal Al-Qur'an, Alfiyah Imam Malik sampai Matan Rahbiyah yang biasa dipelajari para santri di pondok pesantren.

Lebih dari itu, dia pernah bersekolah di sekolah Belanda dan menguasai bahasa Inggris, Arab, dan Prancis dengan baik. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x