Kompas TV nasional politik

Ilham Habibie Ungkap Alasan Terjun ke Politik, Singgung Industri dan Meritokrasi

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 07:46 WIB
ilham-habibie-ungkap-alasan-terjun-ke-politik-singgung-industri-dan-meritokrasi
Presiden Direktur Ilthabi Rekatama Group, Ilham Akbar Habibie saat berdialog di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (13/6/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai NasDem mengusung Ilham Akbar Habibie menjadi bakal calon gubernur Jawa Barat di Pilkada serentak 2024. 

Dorongan NasDem tersebut diterima dengan baik oleh putra sulung Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie itu. Latas apa latar belakang Ilham terjun ke dunia politik?

Ia menjelaskan langkahnya masuk ke dunia politik tidak terlepas dari tujuan Indonesia menjadi negara maju.

Ilham mengakui banyak hal yang dapat dilakukan dalam membangun negara, namun untuk mendorong pembangunan berjalan lebih cepat, perlu masuk ke pemerintahan. 

Menurutnya Pilkada serentak 2024 menjadi salah satu pintu dalam mendorong pembangunan berjalan lebih cepat dari yang diharapkan.

Baca Juga: Cerita Karir Ilham Habibie: Saya Serius Ingin Berpolitik, Terima kasih NasDem dan Surya Paloh | ROSI

"Kita punya keyakinan dalam membangun negara dan bangsa ini ada cara tertentu, dan yang bisa mencapai hal tersebut ada yang tidak. Itu yang membuat saya berkeyakinan bahwa saya harus terjun langsung. Karena kita ini punya rencana besar Indonesia Emas 2045 menjadi negara maju," ujar Ilham di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (13/6/2024) malam.

Ilham menjelaskan untuk menjadi negara maju Indonesia perlu memperkuat sektor industri. Menurutnya dalam belasan tahun pertumbuhan industri di tanah air tidak berjalan mulus. 

Untuk itu perlu kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang mendorong pertumbuhan industri secara pesat. 

"Dalam hal ini tentu saya serius dalam hal ini. Saya sadar di ranah politik saya bukan orang yang datang dengan rekam jejak puluhan tahun, tapi saya bisa cepat belajar," ujar Ilham.

Lebih lanjut Ilham menilai dirinya sudah cukup matang untuk masuk ke politik. Pertama untuk urusan bisnis dan perusahaan yang dibangun, sudah bisa berjalan tanpa harus dirinya yang turun langsung. 

Baca Juga: Saat Mahfud MD Ditemani Ilham Habibie hingga Sam Bimbo Sebelum Daftar Pilpres 2024 ke KPU



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x