Kompas TV nasional politik

Tak Diundang ke Rakernas PDIP, Jokowi: Tanyakan ke yang Mengundang, Jangan ke Saya

Kompas.tv - 21 Mei 2024, 18:25 WIB
tak-diundang-ke-rakernas-pdip-jokowi-tanyakan-ke-yang-mengundang-jangan-ke-saya
Presiden Jokowi usai meninjau Pasar Baru Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

AGAM, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons PDIP yang tidak mengundangnya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V di Beach City International Stadium Ancol pada 24-26 Mei 2024.

Jokowi tidak banyak berkomentar dan hanya meminta awak media untuk menanyakan hal tersebut kepada penyelenggara acara.

“Ditanyakan ke yang mengundang, jangan ke saya,” kata Jokowi usai meninjau lokasi bencana banjir di Posko Lapangan Batu Taba, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (21/5/2024).

Baca Juga: Alasan Jokowi Tak diundang ke Rakernas, PDIP: Beliau Sangat Sibuk dan Menyibukkan Diri

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana juga telah merespons PDIP yang tidak mengundang Jokowi dalam rakernasnya. Ari bilang, Jokowi menghargai keputusan PDIP.

"Diundang atau tidak, Presiden selalu menghormati dan ucapkan terima kasih," kata Ari kepada wartawan, Jumat (17/5/2024).

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat membenarkan bahwa pihaknya tidak mengundang Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam pembukaan rakernas nanti.

Hal ini dilakukan karena PDIP sudah mengetahui padatnya agenda Jokowi dan Ma’ruf Amin sehingga pihaknya tidak mengundang keduanya di acara internal PDIP.

"Yang jelas, Presiden dan Wakil Presiden tidak diundang. Kenapa? Karena beliau sudah sangat sibuk dan menyibukkan diri," ujar Djarot, Kamis (16/5/2024).

Ia menjelaskan bahwa dalam rakernas kali ini, PDIP akan membahas tiga hal. Pertama, sikap dan posisi PDIP dalam pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Baca Juga: PDIP Sebut Puan Maharani Tidak Bisa Menghindar dari Pertemuan dengan Jokowi di WWF Bali

Kedua, mengenai program-program kerakyatan. Kemudian yang ketiga, strategi pemenangan Pilkada Serentak 2024.

"Tentang bagaimana ketegasan dari sikap PDI Perjuangan sebaiknya ditunggu saja. Kejutan-kejutan apa saja yang nanti akan muncul di rakernas, tunggu saja," ujar Djarot. 


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x