Kompas TV nasional kesehatan

Cabai Rawit Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan, Apa Saja Manfaatnya?

Kompas.tv - 25 Februari 2023, 09:15 WIB
cabai-rawit-ternyata-bisa-menurunkan-berat-badan-apa-saja-manfaatnya
Ilustrasi. Pedagang cabai rawit di Pasar Beringharjo Yogyakarta (15/3/21). Cabai rawit merupakan sayuran yang memiliki segudang manfaat. Bahkan, cabai rawit ternyata disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Apa saja manfaat cabai rawit?  (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Cabai rawit merupakan sayuran yang memiliki segudang manfaat. Bahkan, cabai rawit ternyata disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, apa saja manfaat cabai rawit?

Cabai rawit diketahui memuat kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Tanaman ini tergolong sebagai sayuran yang memiliki banyak nutrisi.

Cabai rawit kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin K. Selain itu, sayuran ini juga mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

“Jika Anda bisa mendapatkan cabai rawit segar, Anda akan mendapat lebih banyak vitamin. Satu cabai segar mengandung 72% dosis vitamin C harian yang dianjurkan dan 50% vitamin A,” kata ahli diet asal Amerika Serikat (AS), Alexis Supan kepada Cleveland Clinic.

Baca Juga: Harga Cabai dan Beras di Bali Mulai Naik

Cabai rawit pun memiliki segudang manfaat lain di luar vitamin. Banyak manfaat kesehatan bisa didapat dari kapsaisin, senyawa yang memberi rasa pedas ke cabai.

Manfaat kesehatan cabai rawit:

1. Mengandung banyak antioksidan

Cabai rawit mengandung antioksidan dalam jumlah banyak. Antioksidan berguna untuk melindungi sel-sel dalam tubuh. 

Antioksidan yang terkandung dalam cabai rawit pun dapat berfungsi menangkan berbagai radikal bebas yang mengancam kesehatan.

2. Menurunkan berat badan

Senyawa alami dalam cabai rawit, kapsaisin dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Sayuran ini cocok dikonsumsi jika Anda sedang menempuh program diet.

Selain itu, cabai rawit tergolong sayuran rendah kalori yang cocok dikonsumsi ketika diet.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dalam cabai rawit bermanfaat melindungi kesehatan jantung. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, termasuk penyakit jantung.

4. Memperbaiki pencernaan

Konsumsi cabai rawit dapat meningkatkan bakteri usus yang berperan melancarkan pencernaan dan membantu menjaga kesehatan usus.

5. Meringankan rasa sakit

Kandungan kapsaisin dalam cabai rawit dapat bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri. Cabai rawit baik dikonsumsi seseorang yang mengalami nyeri sendi atau sakit kepala. 

Cabai rawit memiliki banyak manfaat kesehatan dan relatif aman dikonsumsi. Namun, untuk menghindari efek samping dan menentukan pola konsumsi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter demi memaksimalkan kebermanfaatan sayuran tersebut.

Baca Juga: Saran Pakar untuk Capai Berat Badan Ideal: Jalan Kaki Cepat, 5 Km per Jam!


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x