Kompas TV nasional hukum

Jokowi Perintahkan Kejaksaan Agung Usut Tuntas Permainan Minyak Goreng

Kompas.tv - 20 April 2022, 12:41 WIB
jokowi-perintahkan-kejaksaan-agung-usut-tuntas-permainan-minyak-goreng
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meminta Kejaksaan Agung mengusut tuntas dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Joko Widodo seusai memberikan bantuan langsung tunai kepada para penerima manfaat di sejumlah pasar di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022).

“Kemarin dari Kejaksaan Agung sudah menetapkan empat tersangka urusan minyak goreng ini dan saya minta diusut tuntas, sehingga kita bisa tahu siapa ini yang bermain,” ucap Presiden Jokowi.

Dalam keterangannya Presiden Jokowi menuturkan persoalan minyak goreng memang masih menjadi masalah yang harus dihadapi hingga saat ini.

Baca Juga: MAKI: Kejagung Wajib Periksa Mendag M Lutfi untuk Kasus Minyak Goreng, Dia Atasan Langsung Tersangka

“Meskipun masyarakat sudah kita beri subsidi BLT minyak goreng tapi kan kita ingin harganya yang lebih mendekati normal, jadi memang harganya tinggi, karena apa, harga di luar, harga internasional itu tinggi banget,” katanya.

“Sehingga kecenderungan produsen itu pengennya ekspor karena memang harganya tinggi di luar, oleh sebab itu kebijakan-kebijakan kita, misalnya apa penetapan HET untuk minyak curah kemudian subsidi ke produsen, kita liat sudah berjalan beberapa minggu ini belum efektif, di pasar saya lihat minyak curah banyak yang belum sesuai dengan HET yang kita tetapkan, artinya memang ada permainan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga dikonfirmasi perihal kinerja Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang hingga kini belum juga menyerahkan data mafia minyak goreng.

Ia meminta, perihal tersebut untuk ditanyakan langsung ke Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Kejaksaan Agung Diminta Bongkar Aktor Intelektual Korupsi Minyak Goreng, Ini Menyebabkan Kegaduhan

“Tanyakan ke Kemendag,” ujar Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Agung menetapkan 4 orang sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya.

Pengumuman 4 tersangka tersebut, disampaikan langsung oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam konferensi Pers terkait perkembangan penanganan perkara Minyak Goreng di Lobby Aula Kartika, Selasa (19/4/2022).

“Tersangka ditetapkan 4 orang,” ucap Burhanuddin.

Tersangka pertama, kata Burhanuddin, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri pada Kementerian Perdagangan berinisial IWW.

Baca Juga: Jaksa Agung Perintahkan Jampidsus dan Dirdik Jerat Koorporasi dalam Kasus Korupsi Minyak Goreng

“Dengan perbuatan tersangka telah menerbitkan secara melawan hukum dan tujuan ekspor terkait komoditi CPO dan produk turunannya kepada Permata Hijau Group, Wilmar Nabati Indonesia, PT Multimas Nabati Asahan dan PT Musi Mas,” ucap Burhanuddin.

“Sementara itu tersangka lainnya yaitu SMA, Senior Manager Corporate Permata Hijau, dua tersangka MPT Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, ketiga tersangka PT General Manager bagian general affair PT Musi Mas,” tambahnya.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x