Kompas TV nasional agama

Menag Yaqut Sebut Indonesia Tak Boleh Ketinggalan dari Saudi soal Moderasi Beragama

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 09:51 WIB
menag-yaqut-sebut-indonesia-tak-boleh-ketinggalan-dari-saudi-soal-moderasi-beragama
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat bersama Menteri Urusan Agama Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi Syaikh Abdullatif, di Bandara Soekarno Hatta (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi kunjungan Menteri Urusan Agama Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi Syaikh Abdullatif ke Indonesia. Menag Yaqut pun mengantarnya sacara langsung ke Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Rabu malam (30/3/2022).

Menag Yaqut juga menyebut, Indonesia tidak boleh ketinggalan dari Arab Saudi, khususnya terkait dengan moderasi beragama.  

Dalam kesempatan itu, Menag Yaqut mengatakan mendapat banyak pelajaran dan pengetahuan dari Menteri Saudi tentang moderasi beragama yang telah diterapkan di sana.

"Indonesia tidak boleh ketinggalan dengan apa yang sudah dilakukan Saudi," kata Menag Yaqut sebagaimana rilis yang dikutip situs resmi Kemenag, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga: Menag Yaqut Bertemu Dubes Arab Saudi, Apa yang Dibahas?

Hubungan Erat Kerajaan Saudi dan Indonesia

Menurut Menag Yaqut, kunjungan selama sepekan ini akan semakin memperkuat hubungan kedua negara. 

"Ini kunjungan kehormatan yang luar biasa. Ini tentu akan memperkuat hubungan Indoneaia dan Kerajaan Arab Saudi," kata Menag saat mengantar kepulangan Menteri Syaikh Abdullatif di VIP Room Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (30/3/2022) malam.

"Ini menjadi sebuah pertemuan yang tidak hanya mempererat hubungan diplomasi, tapi juga menimba banyak ilmu," kata Menag.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Indonesia, Menag menyampaikan penghargaan atas keikhlasan Arab Saudi dalam melayani jemaah haji Indonesia.

Menag lantas mengundang Syaikh Abdullatif untuk kembali berkunjung ke Indonesia dan melihat pembangunan yang terus berlangsung hingga saat ini.

Hal senada disampaikan Syaikh Abdullatif. Dia berharap hubungan kedua negara ke depan semakin erat. 

"Saya mendapatkan semua penghormatan dan pujian yang tidak terbatas untuk Raja Salman dan Putra Mahkota. Masyarakat Indonesia sangat mendukung kearifan Raja Salman dan semangat Putra Mahkota. Mereka mendukung Kerajaan Saudi," ujarnya.

Menteri Saudi yang juga ulama tersebut datang pada Kamis 24 Maret 2022 dan juga disambut secara langsung oleh Menag Yaqut. Selama di Indonesia, Syaikh Abdullatif juga bertemu dengan ormas-ormas Islam di Indonesia, mulai dari PBNU hingga PP Muhammadiyah. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x