Kompas TV nasional peristiwa

Anggota DPR Ribka Tjiptaning Protes Terawan Dipecat IDI: Dia Tak Melakukan Kesalahan Fatal

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 08:47 WIB
anggota-dpr-ribka-tjiptaning-protes-terawan-dipecat-idi-dia-tak-melakukan-kesalahan-fatal
Politisi PDI Perjuangan yang menjabat Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning, saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI dengan Menakertrans, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11/2012). (Sumber: (TRIBUN/DANY PERMANA))
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning memprotes pemecatan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Ribka pun mempertanyakan keputusan IDI yang memecat Terawan secara permanen dari keanggotaannya tersebut.

Baca Juga: IDI Sebut Terawan Tak Pernah Hadiri Undangan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran

“Kenapa dia harus diberi sanksi bahkan dipecat seperti itu?,” kata Ribka dalam keterangan resminya yang dikutip di Jakarta pada Senin (28/3/2022).

Terkait pemecatannya dari keanggotaan IDI, Ribka menilai Terawan tidak melakukan kesalahan yang fatal maupun kesalahan yang merugikan orang banyak.

Menurut Ribka, justru terdapat dokter lainnya yang melakukan malpraktik, tetapi malah bisa terlepas dari jeratan malpraktik akibat ikatan profesi dokter yang begitu kuat.

Baca Juga: Langgar Etik Berat Soal Cuci Otak dan Promosi Vaksin Sebelum Penelitian, Terawan Dipecat dari IDI

“Melakukan DSA (Digital Substraction Angiography) nggak pernah ada korban, baik dari pejabat maupun sampai dengan tingkat rakyat biasa. Dilakukan dengan baik-baik,” ucap Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Bidang Penanggulangan Bencana ini.

Terkait dengan kampanye vaksin Nusantara, Ribka merasa bahwa kampanye yang dilakukan oleh Terawan justru patut diacungi jempol.

Ketika negara mengimpor vaksin dari luar negeri, kata Ribka, Terawan justru yakin bahwa bangsa Indonesia dapat membuat vaksin sendiri.

Baca Juga: Mantan Menkes Terawan Dipecat dari IDI, Komisi IX DPR Mengaku Kecewa

“Dia punya keyakinan bahwa suatu saat kita pasti bisa membuat vaksin, apalagi semakin ke sini, pernyataan Pak Jokowi semakin jelas bahwa kita harus mencintai produk dalam negeri,” ucap dia.

Selain itu, Ribka juga memandang bahwa Terawan telah berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat luas melalui ilmunya sebagai seorang dokter.

Oleh karena itu, Ribka sangat menyayangkan keputusan Majelis Kode Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) yang memberhentikan Terawan dari IDI secara permanen.

Baca Juga: Komisi IX DPR Minta IDI Cari Solusi Agar Dokter Terawan Tak Dipecat

Menurut Ribka, ketimbang mempermasalahkan Terawan, lebih baik IDI berfokus pada edukasi dan memperjuangkan nasib dari para dokter.

“Lebih baik IDI memperjuangkan nasib dokter-dokter yang belum jelas, juga mencerdaskan adik-adik kita,” ucap Ribka.

Baca Juga: IDI Sebut Mantan Menkes, Dokter Terawan Lakukan Pelanggaran Etik Berat! Apa Itu?

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x