Kompas TV nasional peristiwa

Siapa Panglima TNI Baru? Presiden Pasti Pertimbangkan Masa Pensiun dan Agenda Pemilu 2024

Kompas.tv - 2 November 2021, 22:13 WIB
siapa-panglima-tni-baru-presiden-pasti-pertimbangkan-masa-pensiun-dan-agenda-pemilu-2024
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kurang dari sebulan lagi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bakal pensiun. Itu artinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun harus mengirim surat berisi nama pengganti Hadi untuk mendapatkan persetuan Dewan Perwakilan Rakyat. 

Lantas siapakah sosok tentara yang bakal dipilih Jokowi untuk menjadi calon Panglima TNI? 

Dalam program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Selasa (2/11/2021), penasihat senior Kantor Staf Presiden Andi Widjajanto menyebut presiden pasti mempertimbangkan masa pensiun calon panglima berikutnya, dengan jadwal dan tahapan Pemilihan Umum 2024.

Baca Juga: Pergantian Panglima TNI, KSP: Dalam Waktu Dekat Akan Ada Surat Presiden

"Tentu kerangka waktu (agenda pemilu) cukup signifikan untuk dikaitkan dengan masa jabatan Panglima TNI yang baru," paparnya.

Menurut Andi yang juga merupakan pakar ilmu pertahanan, masa pensiun calon panglima menjadi penting, agar pergantian panglima TNI di masa yang akan datang, tidak bertepatan dengan tahapan-tahapan krusial Pemilihan Umum 2024. 

"Kebayang gak kalau terjadi pergantian panglima nanti, pada saat Presiden harus mendapat persetujuan DPR di tengah-tengah kampanye presiden?" kata Andi yang juga analis utama Lab 45. 

Baca Juga: DPR: Surat Presiden Calon Panglima TNI Bisa Dikirim 2 Hari Lagi

Jika pergantian Panglima TNI berikutnya bersamaaan dengan tahapan krusial di Pemilu 2024, situasi politik nasional bakal meningkat secara signifikan. Inilah yang menurut Andi, pasti menjadi salah satu pertimbangan Presiden Jokowi.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x