Kompas TV internasional kompas dunia

Ukiran Kemaluan Pria Berukuran Besar dari 2.000 Tahun Lalu Ditemukan

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 15:48 WIB
ukiran-kemaluan-pria-berukuran-besar-dari-2-000-tahun-lalu-ditemukan
Batu penggilingan dengan ukiran kemaluan pria atau lingga berukuran besar berusia 2.000 tahun ditemukan di Inggris. (Sumber: Daily Star)
Penulis : Haryo Jati

CAMBRIDGESHIRE, KOMPAS.TV - Sebuah ukiran kemaluan pria berukuran besar yang merupakan peninggalan dari 2.000 tahun lalu telah ditemukan.

Penemuan itu dilakukan oleh tim arkeolog yang mengerjakan proyek Jalan Raya Inggris pada peningkatan A14 di Cambridgeshire, Inggris.

Mereka menemukan sebuah batu gilingan berusia 2.000 tahun dengan sebuah ukiran kemaluan pria atau lingga yang sempurna.

Baca Juga: Wahana Penjelajah Perseverance milik NASA Sukses Mendarat di Planet Mars

“Batu gilingan itu sangat penting untuk menjadi tambahan dari gambaran Roman Inggris. Ada hubungan yang diketahui antara gambar lingga dan penggilingan, seperti yang ditemukan di atas toko roti Pompeii, yang bertuliskan ‘Hic habitat felicitas’ atau ‘Anda akan menemukan kebahagiaan di sini’,” ujar Pemimpin Arkeologi Jalan Raya Inggris, Steve Sherlock dikutip dari Daily Star.

“Lingga dipandang sebagai gambaran penting dari kekuatan dan kejantanan di Romawi, dan itu menjadi praktik umum bagi para legiun untuk memakai jimat lingga, yang akan memberi keberuntungan sebelum pertempuran,” tambahnya.

Baca Juga: Tinggalkan Karier sebagai Model Seksi, Wanita Cantik Ini Pilih Jadi Sopir Bus

Sementara itu menurut Dr Ruth Shaffrey, dari Arkeologi Oxford, menegaskan penemuan ini memiliki arti tersendiri.

“Sebagai salah satu dari hanya empat contoh batu gilingan Romano-Inggris yang didekorasi dengan cara ini, batu gilingan A14 adalah penemuan yang sangat penting,” katanya.

“Hal ini menawarkan wawasan tentang pentingnya penggilingan bagi masyarakat lokal dan sifat pelindung yang diberikan pada batu gilingan, serta produksinya dengan penggambaran lingga di permukaan,” tambah Shaffrey.

Baca Juga: China Akui Empat Tentaranya Terbunuh saat Bentrok dengan India di Perbatasan Tahun Lalu

Secara tradisional, batu gilingan digunakan untuk menggiling biji-bijian. Gilingan tangan yang dihias, perkakas batu gerinda dan batu gilingan sangat langka.

Menurut pihak Jalan Raya Inggris, hanya ada empat batu gilingan Romawi yang ditemukan dari sekitar 20.000 di seluruh negeri.

Ini adalah yang terbaru dari lusinan penemuan yang dibuat para arkeolog dalam  pengerjaan proyek peningkatan A14 senilai 1,5 juta poundsterling atau setara Rp29,4 triliun di Jalan Raya Inggris Cambridgeshire.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x