Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Penerbangan Haji 2024, Garuda Indonesia akan Angkut 4.232 Calon Jemaah di Hari Pertama

Kompas.tv - 12 Mei 2024, 13:42 WIB
penerbangan-haji-2024-garuda-indonesia-akan-angkut-4-232-calon-jemaah-di-hari-pertama
Keberangkatan penerbangan haji perdana resmi dilepas oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas berserta jajaran dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (12/5/2024). (Sumber: Garuda Indonesia )
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Garuda Indonesia secara resmi mulai melaksanakan Fase I Keberangkatan Penerbangan Haji 1445H/2024M untuk menerbangkan para jemaah haji ke Tanah Suci. 

Adapun pada Minggu (12/5), yang merupakan hari pertama pelaksanaan pemberangkatan haji, Garuda Indonesia menerbangkan sedikitnya 4.232 calon jemaah haji dalam 11 kelompok terbang (kloter).

Yaitu yang berasal dari 6 embarkasi, yaitu Jakarta (2 kloter), Banjarmasin (1 kloter), Lombok (1 kloter), Solo (4 kloter), Makassar (2 kloter) dan Padang (1 kloter).

Awal pelaksanaan fase pemberangkatan jemaah Haji Indonesia tersebut ditandai dengan penerbangan GA-7301 yang mengangkut 393 jemaah dari Kloter I Jakarta yang telah diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta menuju Madinah pada Minggu (12/5) pukul 01.00 WIB.

Baca Juga: Sekitar 41 Ribu Jemaah Lansia akan Berhaji Tahun Ini, Fasilitas di Saudi Disebut Siap

Keberangkatan penerbangan haji perdana tersebut resmi dilepas oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas berserta jajaran dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Selanjutnya, kloter I calon jemaah Haji Indonesia tersebut direncanakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz pada pukul 07.00 LT. 

Sementara pemberangkatan kedua calon jemaah Haji akan dilaksanakan melalui Kloter I Banjarmasin dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor pada pukul 08.40 WITA dan dijadwalkan tiba di Madinah pada pukul 16.40 LT.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, momentum penerbangan haji memiliki arti khusus bagi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier.

Baca Juga: Ada Smart Card, Jemaah Haji Indonesia Bakal Lebih Mudah Cari Informasi Lokasi Pelaksanaan Ibadah

Terlebih mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan umat muslim terbesar di dunia, untuk mengantarkan calon jemaah beribadah melalui layanan penerbangan yang aman dan nyaman.

“Penting bagi kami untuk memastikan para calon jemaah haji memiliki pengalaman menjalankan ibadah haji yang seamless mengingat perjalanan ibadah haji merupakan momen yang telah dinanti oleh para calon jemaah,” kata Irfan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Minggu (12/5). 

Ia menerangkan, untuk mengoptimalkan kesiapan operasional penerbangan haji, Garuda Indonesia telah melaksanakan berbagai persiapan. 

Yakni melalui kesiapan aspek layanan, operasional, hingga tata kelola safety, untuk memastikan kesiapan layanan penerbangan bagi calon jemaah haji dapat berjalan optimal.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x