Kompas TV regional jabodetabek

Penumpang KRL Terperosok di Celah Peron, Selamat karena Sembunyi di Cerukan

Kompas.tv - 2 September 2024, 21:07 WIB
penumpang-krl-terperosok-di-celah-peron-selamat-karena-sembunyi-di-cerukan
Penumpang KRL Commuterline menunggu kedatangan kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. KAI Commuter prediksi 800.000 penumpang akan gunakan KRL pada Senin (6/2/2023). (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Seorang perempuan terperosok di celah peron kereta api di Stasiun Kranji, Bekasi, Jawa Barat, Senin (2/9/2024) pagi, setelah keluar dari gerbong kereta.

Penumpang kereta komuter Jabodetabek itu turun dari kereta Nomor 5515A relasi Cikarang-Kampung Bandan di peron 2 Stasiun Kranji. Ia selamat karena bersembunyi di bawah peron.

Menurut Manajer Publik Relation KAI Commuter Leza Arlan, Senin (2/9/2024), peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.21 WIB.

”Diduga karena terburu-buru, penumpang tersebut kehilangan keseimbangan saat akan melangkah keluar kereta. Dia terperosok,” kata Leza, dikutip Kompas.id.

Saat mengetahui adanya penumpang yang terperosok, petugas memintanya bersembunyi di cerukan di bawah peron dan menunggu kereta berlalu.

Baca Juga: Soal Subsidi KRL Berbasis NIK, Pengamat Kebijakan Publik: Belum Ada Urgensinya

”Petugas pengamanan memastikan pengguna yang terperosok aman dan KRL (juga) aman untuk diberangkatkan kembali,” ujarnya.

Setelah kereta kembali berangkat, petugas mengevakuasi penumpang yang luka ringan akibat peristiwa itu dan memberikan pengobatan pertama.

Setelah berangsur membaik, ia melanjutkan perjalanannya kembali.

Leza mengimbau pengguna untuk selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan, termasuk agar tetap fokus saat melangkah dengan memperhatikan celah antarperon.

”Pengguna juga diimbau untuk selalu berdiri di belakang garis aman peron dan selalu mengikuti arahan dan instruksi petugas di stasiun,” kata Leza.

Sementara, seorang penumpang KRL Amelia (27),  menyebut tidak mudah untuk keluar masuk kereta saat kondisi stasiun sangat ramai.


Terlebih waktu tunggu KRL sangat singkat, sehingga aksi dorong-mendorong saat di depan pintu KRL tak terhindarkan.

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja di Akhir Pekan Sabtu dan Minggu 31 Agustus-1 September, Cek di Sini

”Di satu sisi, kita harus sigap, tapi tetap harus hati-hati,” katanya.

Peristiwa terperosoknya penumpang ke lintasan KRL bukan pertama kali terjadi. Pada Rabu (15/5/2024) siang, seorang perempuan terperosok di celah peron di Stasiun Sudirman di Jakarta Pusat.




Sumber : Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x