Kompas TV regional peristiwa

Sudah 4 Dentuman Misterius Terjadi Sepanjang Januari 2021, Terbaru di Lampung

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 11:10 WIB
sudah-4-dentuman-misterius-terjadi-sepanjang-januari-2021-terbaru-di-lampung
Ilustrasi suara dentuman. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ahmad Zuhad

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Warga Provinsi Lampung mendengar suara dentuman misterius dan getaran pada Jumat (28/1/2021) malam.

BMKG Lampung menyatakan alat mereka tak mencatat aktivitas gempa pada Jumat pukul 22.00 WIB terkait heboh dentuman itu.

“Terkait suara dentuman dan getaran di wilayah Tanggamus, Lampura, Pringsewu bahwa jam 10-an tadi alat kami tidak mencatat adanya gempa bumi di wilayah Lampung maupun awan-awan hujan di sekitar lokasi tersebut," tulis BMKG Lampung melalui akun Instagram @infobmkglampung.

(Sumber: Instagram/infobmkglampung)

Dentuman misterius seperti itu bukan pertama kali ini terjadi. Sepanjang Januari 2021 sudah terjadi 4 dentuman misterius di seluruh Indonesia.

Berikut kisah 3 dentuman misterius lainnya.

1. Dentuman Majene

Warga Desa Maliaya, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat mendengar suara dentuman misterius pada Selasa (26/1/2021). Bukan cuma sekali, suara itu terdengar dua kali.

Suara dentuman itu diduga berasal dasar laut. Dentuman pertama terjadi pukul 09.00 WITA. Dan dentuman kedua terjadi pukul 18.00 WITA.

Baca Juga: 3 Fakta Ilmiah Dentuman di Buleleng Menurut ISSS

Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan, gempa tak menyebabkan suara dentuman itu.

“Dentuman di pesisir Desa Maliaya, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene sekitar pukul 09.00 WITA dan pukul 18.00 WITA, Selasa (26/1) bukan berasal dari gempa," cuit Daryono di akun twitter @DaryonoBMKG.

Daryono menjelaskan, tak ada rekaman kejadian seismik aneh pada jam tersebut.

2. Dentuman Buleleng

Seorang nelayan asal Desa Kubutambahan, Buleleng, Bali menjadi salah seorang saksi dentuman pada Minggu (24/1/2021) sekitar pukul 10.00 WITA.

Saat kejadian, Komang Wagiastra sedang melaut. Komang memperkirakan suara dentuman itu berada 10 kilometer dari daratan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x