Kompas TV nasional humaniora

Profil Lengkap Sugiono, Menteri Luar Negeri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 21:33 WIB
profil-lengkap-sugiono-menteri-luar-negeri-kabinet-merah-putih-prabowo-gibran
Sugiono, mantan prajurit Kopassus yang menjadi salah satu kepercayaan Prabowo Subianto, kini Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Prabowo (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sugiono, mantan prajurit Kopassus yang menjadi salah satu kepercayaan Prabowo Subianto, ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Prabowo-Gibran, yang disebut Kabinet Merah Putih.

Pada Senin, 14 Oktober 2024, Sugiono dipanggil oleh Prabowo ke kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Sugiono memulai karier militernya di TNI Angkatan Darat pada tahun 2002 dan bertugas selama dua tahun hingga 2004. Pangkat terakhirnya adalah Letnan Satu, yang ditandai dengan dua balok di pundaknya. 

Namun, ia memutuskan untuk pensiun dini dari dinas militer dan memilih jalur baru dengan menjadi Sekretaris Pribadi Prabowo.

Simak, berikut profil lengkap Sugiono:

Berdasarkan penelusuran tim Kompas.tv dari berbagai sumber, Sugiono lahir dan besar di Aceh.

Sugiono lahir di dataran tinggi Gayo, tepatnya di Kota Takengon, Aceh Tengah, pada 11 Februari 1979.

Sejak usia dini, ia menunjukkan bakat dan potensi yang luar biasa. Pendidikan dasarnya ia tempuh di SD Negeri Blang Kolak I, Aceh Tengah (1985-1991), sebelum melanjutkan ke SMPN 1 Takengon, dan kemudian menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMPN 3 Banda Aceh pada 1994.

Perjalanan pendidikan Sugiono semakin cemerlang ketika ia berhasil lolos seleksi masuk ke SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah, salah satu sekolah bergengsi di Indonesia yang menekankan kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan.

Baca Juga: Situasi di Istana Negara Jelang Pengumuman Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Prabowo

Ia menempuh pendidikan berasrama di sana hingga lulus pada tahun 1997. 

Saat berada di SMA Taruna Nusantara, Sugiono aktif dalam organisasi siswa dan terlibat sebagai anggota Perwakilan Kelas pada tahun terakhirnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x