Kompas TV nasional humaniora

Alasan Mahfud MD Batal Hadiri Pelantikan Presiden Terpiliih Prabowo, Jenguk Sang Ibu di Surabaya

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 10:06 WIB
alasan-mahfud-md-batal-hadiri-pelantikan-presiden-terpiliih-prabowo-jenguk-sang-ibu-di-surabaya
Mantan Calon Wakil Presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Mahfud MD saat menjenguk ibunya di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (20/10/2024) (Sumber: X/mohmahfudmd)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan calon Wakil Presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Mahfud MD mengungkapkan alasan batal hadir di acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming hari ini, Minggu (20/10/2024).

Melalui akun X pribadinya @mohmahfudmd, Mahfud secara resmi menyampaikan bahwa dirinya tak bisa hadir karena harus menjenguk Ibunya di Surabaya, Jawa Timur.

Eks Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) itu nampak mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan sang ibu terbaring di ranjang, sementara dirinya memegang tangan sang ibu di samping ranjang 

"Aku punya dua ibu utama. Yang satu ibu kandung. Yang satu ibu pertiwi. Pagi ini aku melihat ibu kandungku di Surabaya. Maunya berdoa untuk kesehatannya, tapi sebelum aku berdoa, ibukulah yg lebih dulu mendoakan kesehatanku. Begitulah Ibuku. Semoga Ibu pertiwi Indonesia lebih sehat dengan Sidang MPR," tulis Mahfud.

Baca Juga: 'Terima Kasih, Terima Kasih Bapak Jokowi' Iringi Keberangkatan Jokowi ke Pelantikan Prabowo-Gibran

Dalam cuitan sebelumya Mahfud juga mengaku sudah memberitahukan pimpinan MPR terkait ketidakhadiran dalam agenda pelantikan.

“Saya sudah beritahukan kepada Pimpinan MPR bahwa saya absen pada acara di MPR. Ibu saya sudah berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mahfud MD sempat menyatakan bakal menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden. Saat ini, kata Mahfud, dia sudah menerima undangan untuk menghadiri pengucapan sumpah dan janji jabatan tersebut dari MPR RI.

“Oh iya saya diundang, saya akan hadir tentu saja karena ini negara, ini negara kan bukan soal politik kelompok, politik perorangan,” kata Mahfud dalam keterangannya, Rabu (16/10/2024), sebagaimana dikutip dari Antara.

Mahfud bahkan berpandangan, pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 sebagai agenda penting yang harus didatanginya.

Baca Juga: Sebelum Dilantik, Prabowo Sempat Bicara Empat Mata dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim

Kendati dalam Pilpres 2024 Mahfud MD yang berpasangan dengan calon presiden Ganjar Pranowo kalah suara dari pasangan Prabowo-Gibran.

“Semua harus, kalau negara punya acara itu harus dihormati, saya mau datang,” ujarnya.

Bahkan, Mahfud MD mengungkapkan soal kemungkinan dirinya hadir bersama Ganjar Pranowo ke pelantikan Prabowo-Gibran.

“Sepertinya mau bersama Pak Ganjar, sepertinya sih, sedang dikoordinasikan, tapi saya menghormati MPR, saya akan datang dan menghormati juga orang yang terpilih,” jelas Mahfud.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x