Kompas TV nasional peristiwa

Sambut Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, Jokowi: Kunjungan Sangat Bersejarah

Kompas.tv - 3 September 2024, 10:14 WIB
sambut-kedatangan-paus-fransiskus-ke-indonesia-jokowi-kunjungan-sangat-bersejarah
Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono menyerahkan Surat Kepercayaan atau Credential Letter dari Presiden RI Joko Widodo kepada Paus Fransiskus. Penyerahan Surat kepercayaan dilakukan di Ruang Kerja Paus, Istana Kepausan, pada Senin (11/12/2023). Presiden Jokowi menyebut kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yang dimulai hari ini, Selasa (3/9/2024) sebagai sebuah kunjungan bersejarah. (Sumber: Dok. Kedubes RI untuk Takhta Suci Vatikan via Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebut kedatangan Paus Fransiskus di Tanah Air merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi yang menggelar rapat persiapan kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (3/9/2024).

“Saya baru saja mengundang rapat terakhir untuk mengecek persiapan ketibaan yang teramat mulia Paus Fransiskus. Sebentar lagi yang teramat mulia Paus Fransiskus akan tiba di Jakarta,” ujar Jokowi. Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

“Kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah sudah direncanakan beberapa tahun lalu tapi tertunda karena pandemi Covid. Dan merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan yang teramat mulia Paus Paulus ke-6 pada tahun 1970, dan kunjungan yang teramat mulia Paus Yohanes Paulus ke-2 pada tahun 1989.”

Baca Juga: JK: Kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia Kehormatan Bagi Kita Semua

Jokowi lebih lanjut menegaskan, jika Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen yang sama untuk memupuk perdamaian dan persaudaraan.

“Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen yamg sama, memupuk perdamaian dan persaudaraan, serta menjamin kesejahteraan bagi umat manusia, selama 4 hari kunjungan beliau yang teramat mulia, Sri Paus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan kors diplomatik dan wakil-wakil masyarakat, pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, serta misa kudus,” jelas Jokowi.

“Saya atas nama rakyat indonesia menyambut hangat dan terimakasih atas kunjungan yang teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia, selamat datang yang teramat mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia,” tambah Jokowi.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada siang nanti, Selasa (3/9/2024), pukul 11.30 WIB.

Paus Fransiskus mengadakan perjalanan apostolik mulai 3 September hingga 6 September 2024 di Indonesia. Agenda Paus Fransiskus dimulai Rabu, 4 September 2024, bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Ini Daftar Mantan Gubernur Jakarta yang Bakal Ditemui Bacagub Pramono Anung, Mau Bahas Apa Saja?

Kemudian di hari yang sama, Paus Fransiskus juga diagendakan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.

Selanjutnya pukul 11.30 WIB, Paus dijadwalkan akan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Lalu pukul 16.30 WIB, Paus dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta. Pada sore hari pukul 17.35 WIB, Paus Fransiskus akan berjumpa dengan Kaum muda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x