Kompas TV nasional politik

Daftar 12 Waketum Golkar yang Berpeluang Jadi Plt Ketua Umum Usai Airlangga Mengundurkan Diri

Kompas.tv - 12 Agustus 2024, 10:30 WIB
daftar-12-waketum-golkar-yang-berpeluang-jadi-plt-ketua-umum-usai-airlangga-mengundurkan-diri
Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jumat (20/10/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Secara tiba-tiba Airlangga Hartarto menanggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024). Spekulasi sosok yang akan menggantikannya pun bermunculan. 

Struktur organisasi dari partai berlambang pohon beringin itu memiliki 12 posisi wakil ketua umum (waketum) yang akan menggantikan posisi Airlangga sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketum Partai Golkar. 

"Kalau ditanya siapa yang akan menggantikan, semua wakil-wakil ketua umum mempunyai peluang untuk menggantikan posisi Pak Airlangga sebagai Plt," kata Waketum Partai Golkar Adies Kadir di DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (11/8/2024). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Doli Ungkap Cerita Airlangga Hartarto sebelum Mundur dari Ketum Partai Golkar, Ini Katanya

Berikut daftar 12 Waketum Partai Golkar yang berpeluang menjadi Plt Ketum Partai Golkar: 

1. Adies Kadir

Adies Kadir menjabat sebagai Waketum Bidang Hukum Partai Golkar. Ia menggantikan posisi Azis Syamsudin yang terkena kasus korupsi dan dinyatakan bersalah dinyatakan bersalah memberi suap kepada mantan penyidik KPK AKP Robin dan pengacara Maskur Husain sekitar Rp 3,6 miliar.

Adies juga dipercaya Partai Golkar sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

2. Bambang Soesatyo

Pria yang karib disapa Bamsoet itu menjabat waketum (madya) Golkar. Ia juga pernah menjadi bersaing dengan Airlangga untuk memperebutkan kursi ketum Partai Golkar. Namun, akhirnya ia memilih untuk menyerahkan jabatan tersebut pada Airlangga dalam Munas Golkar 2019. 

Bamsoet juga menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024.

3. Ahmad Doli Kurnia Tandjung

Ahmad Doli kini dipercaya menjadi Waketum Bidang Pemenangan Pemilu Golkar.  Ayahnya, Zainuddin Tandjung, dikenal sebagai tokoh Golkar serta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Sumatra Utara. Kini, Doli juga memegang jabatan di parlemen sebagai Ketua Komisi II DPR RI. 

4. Agus Gumiwang Kartasasmita

Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan Menteri Perindustrian dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019—2024. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham sejak 28 Agustus 2018 hingga 20 Oktober 2019 dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009–2014. Agus adalah anak dari Ginandjar Kartasasmita.

5. Kahar Muzakir

Kahar Muzakir adalah anggota DPR RI Fraksi Golkar 4 periode yakni 2004—2009, 2009—2014, 2014—2019 dan 2019—2024. 

Ia seorang sarjana muda pendidikan teknik mesin IKIP Yogyakarta yang kemudian dilanjutkan dengan mengambil adalah sarjana pendidikan teknik mesin IKIP Yogjakarta pada tahun 1970.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x