Kompas TV nasional peristiwa

Gelar Upacara HUT ke-79 RI, IKN Kebut Persiapan Maksimal

Kompas.tv - 25 Juli 2024, 06:00 WIB
gelar-upacara-hut-ke-79-ri-ikn-kebut-persiapan-maksimal
Desain Kantor Presiden di IKN (Sumber: Dok. Kemenparekraf)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ibu Kota Nusantara (IKN) mengebut persiapan jelang menjadi lokasi upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga menyampaikan persiapan Upacara HUT Ke-79 RI di IKN terus berjalan dengan cepat.

Untuk saat ini, pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Negara dan lapangan upacara, Kantor Presiden, serta kantor-kantor kementerian lainnya hingga pasokan air bersih, tengah dikebut untuk memastikan semua siap tepat waktu.

"Sumber air baku di IKN, termasuk Intake Sungai Sepaku dan Bendungan Sepaku Semoi, memiliki kapasitas yang cukup dan akan siap digunakan dalam waktu dekat. Sumber air baku Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3.000 liter per detik, sedangkan bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.500 liter per detik," kata Danis dikutip dari Antara.

Proses penyediaan air bersih menjadi langkah yang krusial karena memerlukan beberapa tahap.

Mulai dari pengolahan air di pabrik Instalasi Pengolahan Air (IPA), pemompaan air ke Istana dengan pipa sepanjang 16 km, penampungan di reservoir induk, hingga distribusi ke kantor-kantor melalui pipa sepanjang 22,8 km.

"Pembangunan instalasi dan infrastruktur sudah selesai, tetapi seperti mobil baru, perlu test drive yang memerlukan waktu," tutur Danis.

Persiapan sarana dan prasarana lainnya seperti Istana Negara, Kantor Presiden, Perkantoran Kementerian Koordinator (Kemenko), dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) turut dikejar pula penyelesaiannya.

Berdasarkan data Kementerian PUPR per 18 Juli 2024, progres pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara mencapai 87,6 persen, sementara pembangunan Kantor Presiden sudah mencapai 88,5 persen.

Baca Juga: 28 Juli 2024, Presiden Jokowi Mulai Berkantor di IKN




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x