Kompas TV nasional politik

Hasil Survei Litbang Kompas tentang Pilkada Jakarta: 30 Persen Responden Belum Tentukan Pilihan

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 20:00 WIB
hasil-survei-litbang-kompas-tentang-pilkada-jakarta-30-persen-responden-belum-tentukan-pilihan
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. (Sumber: InfoPublik.id)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hasil survei Litbang Kompas pada 15 hingga 20 Juni 2024 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta, menunjukkan 30 persen responden belum menentukan pilihannya pada kandidat calon.

Survei tersebut melibatkan 400 responden dan dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 15-20 Juni 2024.

Para responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di wilayah Daerah Khusus Jakarta.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sekitar 4,9 persen. Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Baca Juga: Survei Kompas Tunjukkan Elektabilitas Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Bersaing, Akankah Head to Head?

Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 30,0 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab, dan 4,3 persen memilih nama lain selain kandidat calon yang meraih persentase elektabilitas satu persen ke atas.

Ada sembilan nama kandidat bakal calon yang meraih persentase elektabilitas satu persen ke atas. Mereka adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok.

Kemudian ada mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kandidat lain adalah Erick Thohir, Kaesang Pangarep, Tri Rismaharini, Heru Budi Hartono, Andika Perkasa, dan Sri Mulyani.

Hasil survei itu menunjukkan sebanyak 29,8 persen responden memilih Anies. Kemudian 20 persen responden memilih Ahok. Responden yang memilih mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebanyak 8,5 persen.




Sumber : Kompas.id, Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x