Kompas TV nasional peristiwa

Waktu Iduladha di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda, Begini Penjelasan Kemenag

Kompas.tv - 8 Juni 2024, 06:40 WIB
waktu-iduladha-di-indonesia-dan-arab-saudi-berbeda-begini-penjelasan-kemenag
Ilustrasi Muslim dunia merayakan Idul Adha. (Sumber: Morocco World News)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) RI memberikan penjelasannya terkait perbedaan waktu Hari Raya Idul Adha di Indonesia dan Arab Saudi.

Seperti yang diketahui, perayaan Hari Raya Iduladha di Indonesia dan Arab Saudi tahun ini mengalami perbedaan waktu. 

Di Indonesia, Iduladha  akan dirayakan pada Senin, 17 Juni 2024, sementara di Arab Saudi akan jatuh pada Minggu, 16 Juni 2024.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin, menjelaskan bahwa perbedaan tersebut sering kali terjadi karena perbedaan zona waktu antara kedua negara.

"Beda zona, beda waktu, masuknya magrib kan beda, kan dilakukan rukyah itu pada saat itu kan. Beda itu biasa, karena beda zona jauh sekali. Perbedaan kita jadi hal yang seringkali terjadi," jelas Kamaruddin di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (7/6/2024), dikutip dari Tribunnews.

Lebih lanjut, Kamaruddin menuturkan bahwa terkait pelaksanaan puasa Arafah, umat Islam dianjurkan untuk mengikuti ketetapan di masing-masing negara. 

"Yang disana mengikuti di sana, orang yang di Saudi mengikuti keputusan Saudi. Di sini kita mengikuti keputusan sini karena tidak ada hukum global. Enggak bisa karena perbedaan, bumi, rotasi bulan yang tidak memungkinkan bisa sama," ucapnya.

Menurut Kamaruddin, perbedaan waktu ini dapat terjadi hampir setiap tahun dan merupakan hal yang sangat biasa. 

"Enggak masalah karena memang beda tempat. Biasa itu hampir setiap tahun biasa sekali terjadi," tutupnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemerintah telah menetapkan awal bulan Dzulhijjah 1445 H jatuh pada Hari Sabtu (8/6/2024), sehingga Hari Raya Iduladha akan jatuh pada Senin (17/6/2024).

Baca Juga: Niat Puasa 1-9 Zulhijah 2024, Tarwiyah dan Arafah, Bisakah Digabung dengan Qada Ramadan?



Sumber : Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x