Kompas TV nasional humaniora

Puskesmas di Daerah 3T Pakai Starlink Besutan Elon Musk untuk Hal-Hal Seperti Ini

Kompas.tv - 20 Mei 2024, 17:38 WIB
puskesmas-di-daerah-3t-pakai-starlink-besutan-elon-musk-untuk-hal-hal-seperti-ini
Pada Minggu (19/5/2024), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai menjalin kerja sama dengan Starlink, layanan internet berbasis satelit yang disediakan oleh perusahaan SpaceX milik Elon Musk. (Sumber: Kemenkes)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, layanan internet Starlink digunakan oleh Puskesmas untuk membuka akses yang lebih baik ke layanan kesehatan dan memudahkan akses komunikasi antar-daerah.

Sehingga pelaporan dari fasilitas pelayanan kesehatan bisa real time. Aktivitas ini juga mendukung agenda digitalisasi transformasi kesehatan Indonesia.

"Dari 10.000 Puskesmas yang ada di Indonesia, sekitar 745 tidak memiliki akses internet sama sekali dan 1.475 memiliki akses internet yang terbatas. Semuanya tersebar di 7.000 pulau di Indonesia," kata Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv di Jakarta, Senin (20/5/2024). 

Seperti diketahui, pada Minggu (19/5) kemarin, Kemenkes mulai menjalin kerja sama dengan Starlink, layanan internet berbasis satelit yang disediakan oleh perusahaan SpaceX milik Elon Musk. 

Baca Juga: Pemerintah Tegaskan Tak Beri Insentif kepada Starlink Milik Elon Musk, Tetap Dievaluasi Berkala

Starlink menyediakan akses internet yang cepat dan menjangkau seluruh puskesmas di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK).

Peresmian kerja sama ini dilaksanakan melalui uji coba di Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumerta Kelod, Denpasar, yang sekaligus menjadi lokasi peresmian kerja sama, dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Bungbungan, Klungkung, yang memiliki keterbatasan akses internet.

Puskesmas Tabarfane di Kepulauan Aru, Maluku, yang sebelumnya tidak memiliki akses internet juga turut menjadi lokasi uji coba dan tersambung secara daring menggunakan jaringan Starlink. 

"Diharapkan mereka dapat akses internet yang layak sehingga layanannya tidak akan berbeda dengan Puskesmas yang ada di daerah perkotaan,” ujar Menkes.

Baca Juga: Menkes dan Elon Musk Resmikan Layanan Internet Starlink untuk Puskesmas di Indonesia

Budi Gunadi menjelaskan, uji coba tersebut untuk mengetahui pencatatan data imunisasi, skrining penyakit tidak menular (PTM), atau penimbangan balita secara digital oleh tenaga kesehatan (nakes) melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK). 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x