Kompas TV nasional politik

Serius Usulkan Hak Angket, NasDem Undang Pakar untuk Minta Masukan

Kompas.tv - 7 Maret 2024, 12:28 WIB
serius-usulkan-hak-angket-nasdem-undang-pakar-untuk-minta-masukan
Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Taufik Basari (empat dari kanan) membuka forum diskusi untuk mendalami substansi dari hak angket di Jakarta, Kamis (7/3/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fraksi Partai NasDem menggelar forum diskusi yang membahas usulan hak angket di DPR untuk menyelidiki dugaan kecurangan pada Pemilu 2024. 

Dalam diskusi, Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Taufik Basari mengingatkan tentang substansi dari hak angket. 

Menurutnya, penggunaan hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan pada Pemilu 2024, harus tepat dan proporsional.

Jangan sampai usulan hak angket dari Fraksi NasDem ditolak lantaran tidak memiliki argumentasi yang kuat. Selain itu, kata dia, langkah Fraksi NasDem terkait hak angket, harus terukur. 

Tobas, sapaan Taufik, menilai hak angket merupakan langkah politik sehingga perlu terukur agar usulan tersebut bisa berjalan mulus. 

Baca Juga: NasDem Sebut Akan Tetap Ajukan Hak Angket DPR, meski PDIP Tak Ikut

Tobas menilai Fraksi NasDem harus bisa menentukan kapan harus melangkah dan berlari dalam mempertahankan argumentasi perlu adanya penyelidikan terhadap dugaan kecurangan pada Pemilu 2024 melalui hak angket. 

"Ini yang sedang dipersiapkan oleh Partai NasDem. Mudah-mudahan bisa terselesaikan semua persiapan ini," ujar Tobas saat membuka forum diskusi, Kamis (7/3/2024). 

Adapun forum diskusi mengenai evaluasi dan pengguliran hak angket Pemilu 2024 itu tidak hanya dihadiri anggota DPR dari NasDem, tapi juga para pakar. 

Mereka antara lain Chusnul Mar'iyah, pakar ilmu politik dari FISIP UI yang juga mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU); pakar hukum tata negara Bivitri Susanti; Direktur Lingkar Madani Ray Rangkuti; dan Koordinator Komite Pemilih Indonesia Jeirry Sumampouw. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x