Kompas TV nasional rumah pemilu

Timnas AMIN Somasi KPU Imbas Anies Dihina saat Debat Capres Kedua

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 08:36 WIB
timnas-amin-somasi-kpu-imbas-anies-dihina-saat-debat-capres-kedua
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyampaikan pernyataan penutup dalam debat pertama di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023) malam. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) melayangkan somasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat 12 Januari 2024.

Hal itu dilakukan karena adanya penghinaan yang diduga dilakukan salah satu pendukung pasangan capres-cawapres kepada Anies saat debat Pilpres 2024 pada Minggu 7 Januari 2024. 

"Kami dari Timnas AMIN menegaskan dan menyampaikan kembali perihal teguran hukum atau somasi kita kepada KPU terkait penyelenggaraan debat ke-3 kemarin," kata Direktur Advokasi Sengketa Proses Tim Hukum Timnas AMIN Zaid Mushafi kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Baca Juga: Anies Sempat Terharu Lihat Iklan Videotron Aniesbubble di Bekasi, tapi Belum Sehari sudah Diturunkan

"Di mana dalam debat tersebut, kami sangat menyayangkan ada oknum-oknum yang melontarkan ucapan dan penghinaan secara langsung dan merendahkan martabat dari paslon kami di 01," sambungnya. 

Menurut dia, peristiwa umpatan tersebut telah merendahkan acara debat yang diselenggarakan oleh KPU.

"Karena debat ini adalah event dan acaranya KPU jadi kami memberikan teguran hukum kepada KPU melalui somasi hari Jumat kemarin," ujarnya. 

Ia menyebut KPU melalui salah satu pimpinannya, August Mellaz, telah siap memberikan jawaban atau penjelasan ihwal somasi yang dilayangkan oleh pihaknya. 

"Tadi juga sudah kami sampaikan langsung dan KPU pun melalui Pak August Mellaz sudah menerima somasi tersebut dan sedang menyiapkan jawaban ataupun konfirmasinya karena fakta-fakta tersebut informasi yang sudah beredar di media sosial," katanya. 

Ia meminta ketegasan dari KPU karena mereka yang bisa masuk ke arena debat merupakan tamu resmi KPU.

Baca Juga: Kata Anies soal Mafia di Timnas AMIN: Mafia Tidak Ingin Perubahan!

"Jadi kami minta dari KPU menindak tegas oknum tersebut karena sudah merendahkan, dan kami tegaskan juga kami menunggu sikap tegas KPU atas adanya kejadian tersebut," ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x