Kompas TV nasional politik

Ini Tujuan Tokoh Bangsa Kumpul di Rumah Gus Mus Besok, Minta Kejelasan Pemerintah soal Pemilu 2024

Kompas.tv - 11 November 2023, 21:50 WIB
ini-tujuan-tokoh-bangsa-kumpul-di-rumah-gus-mus-besok-minta-kejelasan-pemerintah-soal-pemilu-2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama tiga bacapres di Istana Merdeka, Senin (30/10/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah tokoh nasional dan lintas agama akan rembuk bersama untuk menyatakan sikap terkait situasi nasional yang terjadi belakangan ini. 

Beberapa tokoh nasional dan lintas agama yang akan hadir dalam acara tersebut di antaranya KH Ahmad Mustofa Bisri, Frans Magnis-Suseno, Nasaruddin Umar, Sinta Nuriyah Wahid, Goenawan Mohamad, Antonius Benny Susetyo, Natalia Soebagjo, Clara Juwono. 

Rembuk tokoh nasional dan lintas agama di bawah payung Majelis Permusyawaratan Rembang ini rencananya dilaksanakan di kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri atau lebih sering dipanggil dengan Gus Mus di Kelurahan Leteh, Rembang, Jawa Tengah pada Minggu (12/11/2023). 

Koordinator Pertemuan, Alif Iman Nurlambang menjelaskan, nantinya para tokoh ini akan memberi pandangan masing-masing mengenai situasi yang terjadi belakangan ini jelang Pilpres 2024.

Semisal mengenai putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konsitusi, netralitas aparat dan peran penyelenggara Pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam mewujudkan pemilu yang jurdil, jujur dan adil. 

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud akan Surati Kapolri Minta Jaga Netralitas di Pilpres 2024

Pandangan para tokoh bangsa ini nantinya akan dibulatkan menjadi sebuah pernyataan bersama. 

"Kehadiran dan suara para tokoh besok (Minggu, 12/11/2023), menjadi penting untuk meminta kejelasan kepada pemerintah: bisakah Pemilu dan Pilpres 14 Februari nanti berlangsung secara jujur dan adil," ujar Alif saat dikonfirmasi, Sabtu (11/11/2023).

Undangan acara rembuk para tokoh bangsa yang akan diadakan di kediaman KH KH Ahmad Mustofa Bisri atau lebih sering dipanggil dengan Gus Mus di Kelurahan Leteh, Rembang, Jawa Tengah pada Minggu (12/11/2023). (Sumber: Istimewa)

Alif menjelaskan, pernyataan sikap dari para tokoh bangsa digelar secara terbuka dan diharapkan dapat menjadi landasan masyarakat mewaspadai kecurangan dalam Pemilu dan menahan diri untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Menurut Alif, tidak menutup kemungkinan juga hasil rembuk tokoh-tokoh di kediaman Gus Mus secara formalitas akan diserahkan ke pemerintah, juga DPR sebagai lembaga pengawas terhadap pelaksanaan undang-undang, APBN dan kebijakan pemerintah.

"Rumusan rinci akan dikeluarkan besok. Tokoh-tokoh ini punya suara yang jernih yang bisa didengar masyarakat sebagai suara yang tidak berpihak, dan punya pengaruh, terutama para tokoh lintas agama," ujar Alif. 

Baca Juga: PDIP Pertanyakan Keabsahan Status Bacawapres Gibran Usai Anwar Usman Langgar Etik

Terpisah, Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny mengaku telah mendapat undangan terkait dialog para tokoh di kediaman Gus Mus, di Rembang, Jawa Tangah, Minggu (12/11/2023). 

Menurut Romo Benny, dialog tersebut untuk membahas situasi yang belakangan ini terjadi, termasuk mengenai persoalan yang terjadi jelang Pilpres 2024. 

"Besok akan ada tokoh bangsa yang datang yang akan memberi pandangan mengenai kondisi terkini yang nantinya akan ada kesepakatan dan pernyataan bersama," ujar Romo Benny. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x