Kompas TV nasional hukum

Suhartoyo Terpilih jadi Ketua MK Menggantikan Anwar Usman, Saldi Isra Tetap Wakil

Kompas.tv - 9 November 2023, 12:40 WIB
suhartoyo-terpilih-jadi-ketua-mk-menggantikan-anwar-usman-saldi-isra-tetap-wakil
Gedung Mahkamah Konstitusi. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Suhartoyo terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi menggantikan Anwar Usman, dalam musyawarah hakim konstitusi yang dilaksanakan Kamis (9/11/2023).

Hasil musyawarah tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Saldi Isra dalam konferensi pers usai pemilihan Ketua MK.

Saldi mengatakan, berdasarkan musyawarah sembilan hakim MK, hanya dua yang bersedia menjadi Ketua MK, yakni dirinya dan Suhartoyo.

“Akhirnya, pertemuan tadi memunculkan dua nama, memunculkan dua nama, satu, karena yang lain menyatakan tidak bersedia jadi ketua, sehingga memunculkan dua nama,” ujarnya.

“Nama yang muncul itu adalah, satu, secara berurutan, Saldi Isra, kedua S lagi Bapak Dr Suhartoyo, itu dua nama yang muncul.”

Keduanya kemudian melakukan musyawarah untuk menentukan siapa yang akan menjadi Ketua MK, dan disepakati bahwa Suhartoyo yang menggantikan Anwar Usman.

“Jadi tujuh dari sembilan Hakim Konstitusi meninggalkan ruangan. Tinggallah saya bersama yang mulia Bapak Suhartoyo dalam ruangan untuk mendiskusikan.”


“Akhirnya kami berdua sampai kepada putusan bahwa yang disepakati adalah untuk menjadi ketua MK ke depan adalah Bapak Dr Suhartoyo dan saya tetap menjalanakn tugas sebagai wakil ketua,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) telah menjatuhkan sanksi pada Anwar Usman dengan mencopot dari jabatan Ketua MK.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x