Kompas TV nasional rumah pemilu

Usai Daftar Pilpres 2024, Anies Baswedan Ungkap Gagasan Perubahan Bersama Cak Imin

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 11:52 WIB
usai-daftar-pilpres-2024-anies-baswedan-ungkap-gagasan-perubahan-bersama-cak-imin
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Kantor KPU RI, Kamis (19/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres untuk Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023).

Usai pendaftaran dilakukan, Anies Baswedan membocorkan visi misi atau gagasan yang akan dibawanya bersama Muhaimin Iskandar. Ia mengatakan bahwa gagasan yang dibawa adalah gagasan perubahan.

“Kami membawa gagasan perubahan, perubahan untuk dirasakan pada keluarga-keluarga di Indonesia, kita menginginkan agar kebutuhan pokok menjadi terjangkau, para petani, peternak, nelayan hidupnya lebih sejahtera,” ucap Anies di Kantor KPU, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Cak Imin Mengaku Tak Khawatir Mahfud MD Jadi Bakal Cawapres Ganjar: Suara NU di Jatim Aman

Tak hanya itu, ia ingin menciptakan kesetaraan di tengah rakyat, baik di sektor tenaga kerja, pendidikan, dan kesehatan. 

“Gagasan utamanya adalah perubahan, menghadirkan kesetaraan, menghadirkan keadilan, itu yang kami bawa,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan bahwa berkas pendaftaran Anies dan Muhaimin telah lengkap.

Sebelum rombongan Anies dan Muhaimin datang ke KPU, sudah ada komunikasi tim yang berkomunikasi dengan liaison officer (LO) gabungan partai politik.

“Sebelum ke sini, ada tim verifikasi helpdesk dengan LO gabungan partai politik dan sudah diperiksa, dinyatakan lengkap, alhamdulillah,” ucap Hasyim.

Baca Juga: Ketua KPU: Berkas Pendaftaran Anies-Cak Imin Dinyatakan Lengkap

Selanjutnya, KPU akan melakukan proses verifikasi berkas untuk menilai kebenaran dan keabsahan dokumen pendaftaran. Pihaknya akan memberikan kesempatan perbaikan jika ada berkas yang belum benar.

KPU juga akan memberikan surat pengantar pemeriksaan kesehatan kepada Anies dan Cak Imin. Rencananya, kesehatan keduanya akan diperiksa di RSPAD Gatot Subroto pada Sabtu (21/10/2023).


Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan guna menilai kemampuan calon dalam menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden nantinya.

Setelah Anies dan Cak Imin mendaftarkan diri, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga dijadwalkan mendaftar ke KPU pada hari yang sama.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x