Kompas TV nasional peristiwa

Respons Anies saat Disinggung soal Mentan Syahrul Yasin Limpo, Hanya Beri Senyuman

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 17:26 WIB
respons-anies-saat-disinggung-soal-mentan-syahrul-yasin-limpo-hanya-beri-senyuman
Anies Baswedan saat ditemui awak media di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (15/8/2023). (Sumber: Tribunnews.com/Mario Sumampow)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan enggan mengomentari terkait kasus di KPK yang menyeret nama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini hanya tersenyum saat ditanya awak media ihwal persoalan yang tengah dihadapi Syahrul yang juga merupakan kader NasDem. 

"Sudah, sudah," kata Anies sembari melempar senyum usai menjadi pembicara dalam acara Pusat Riset Masyarakat dan Budaya Badan Riset dan Inovasi Nasional (PMB BRIN), Kamis (5/10/2023) dikutip kompas.com

Anies sempat melarang para ajudannya untuk menghalang-halangi awak media yang terus mencecar pertanyaan terkait Syahrul dengan gestur tangan.

Kendati demikian, Bacapres yang diusung NasDem ini tetap memilih bungkam dan bergegas masuk ke mobil.

Diberitakan sebelumnya, KPK tengah melakukan penyidikan dalam kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Seiring dengan penyidikan kasus tersebut, lembaga antirasuah itu pun telah melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Kamis (28/9) lalu.

Baca Juga: Beredar Surat Pemeriksaan Sopir Mentan soal Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Ini Reaksi NasDem

Dari penggeledahan tersebut, penyidik KPK menyita uang puluhan miliar dan sejumlah dokumen. Selain itu, penyidik juga menemukan 12 pucuk senjata api.

Tak sampai di situ, penyidik KPK melanjutkan penggeledahan.

Kali ini menyasar rumah pribadi Mentan Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu (4/10).

Usai penggeledahan di rumah Syahrul di Makassar, penyidik KPK membawa satu buah koper serat fiber berwarna coklat berukuran 24 inci yang berisi barang yang disita.

Selain itu, KPK juga membawa satu unit mobil Audi bernomor polisi DD 57 US dari kediaman Syahrul.

Sementara itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo yang telah kembali ke Indonesia usai dikabarkan sempat hilang kontak ini mengaku siap menjalani proses hukum yang sedang berjalan di KPK.

“(Saya) siap akan mengikuti semua proses yang ada,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo di kantornya Kementerian Pertanian, Jakarta, pada Kamis (5/10/2023).

Baca Juga: Salam dan Jempol Syahrul Yasin Limpo saat Tiba di Gedung Kementerian



Sumber : Kompas TV/Kompas.com.



BERITA LAINNYA



Close Ads x