Kompas TV nasional rumah pemilu

PAN Sebut Koalisi Pendukung Prabowo Telah Bertemu Partai Demokrat: Suasana Kebatinannya Luar Biasa

Kompas.tv - 17 September 2023, 18:19 WIB
pan-sebut-koalisi-pendukung-prabowo-telah-bertemu-partai-demokrat-suasana-kebatinannya-luar-biasa
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi saat memberikan keterangan kepada wartawan di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

BOGOR, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan Partai Demokrat telah bertemu para ketua umum (ketum) partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sore ini, Minggu (17/9/2023).

Viva mengatakan Partai Demokrat hadir dalam acara silaturahmi KIM yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) di Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

"Ada pertemuan silaturahmi anggota Koalisi Indonesia Maju di Hambalang, di rumah kediaman Pak Prabowo," kata Viva kepada wartawan, Minggu petang, dipantau dari program Breaking News KOMPAS TV.

Ia menyebut setidaknya ada tujuh petinggi partai politik pendukung Prabowo yang hadir dalam acara tersebut.

"Hadir para ketua umum partai politik pendukung Koalisi Indonesia Maju, yaitu PAN, Golkar, Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), Gelora, Prima, PSI, dan Garuda," jelasnya.

Baca Juga: PAN Sebut Partai Demokrat Siap Gabung Koalisi Prabowo: Kabar Gembira buat Kami

Ia mengatakan ada satu pimpinan partai politik yang tidak hadir, yakni Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra. Viva mengatakan Yusril tak bisa hadir karena sedang berada di luar negeri.

"Seluruh ketua umum hadir, kecuali bang Yusril, lagi ada acara di luar negeri," ungkapnya.

Ia menerangkan, pertemuan para ketum partai pengusung Prabowo itu beragendakan menerima pernyataan dukungan Partai Demokrat secara resmi kepada pria yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI itu.

"Acara pada hari ini adalah menerima secara resmi, pernyataan dukungan dari Partai Demokrat untuk Pak Prabowo menjadi calon presiden Republik Indonesia di Pilpres 2024," ujarnya.

Viva pun mengungkapkan suasana pertemuan antara petinggi parpol KIM dengan Partai Demokrat. Ia menilai KIM adalah koalisi besar yang berpotensi memenangi Pilpres 2024.

"Suasana kebatinannya sungguh luar biasa, akrab, solid, penuh dengan kekeluargaan, dan ini menjadi tanda-tanda yang baik bahwa koalisi besar ini akan berpotensi untuk dapat memenangkan Pilpres 2024," terangnya.

"Alasannya, masing-masing partai politik tentu memiliki basis konsituen sendiri-sendiri, apabila kita kelola, kita organisasi dengan baik, maka akan menarik suara Pilpres 2024," imbuhnya.

Baca Juga: Koalisi Indonesia Maju Pengusung Prabowo Bertemu "Partai Biru" Sore Ini, Demokrat?

Sebelumnya, Viva Yoga mengatakan pihaknya menyambut Partai Demokrat dengan suka cita di KIM.

"Hal ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut Partai Demokrat dengan suka cita," kata Viva, Minggu, dilansir Antara.

Selain itu, ia menyebutkan dua manfaat elektoral bagi KIM jika partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu bergabung.

Pertama, basis konstituen koalisi akan bertambah besar. Kedua, komunikasi antara anggota koalisi akan lancar karena Demokrat sebelumnya pernah bekerja sama dengan PAN, Gerindra, dan Golkar pada Pilpres 2019.


 



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x