Kompas TV nasional politik

Budiman Sudjatmiko Dibajak, PDIP Sebut Kubu Prabowo Subianto Lakukan Politik Devide et Impera

Kompas.tv - 20 Agustus 2023, 18:26 WIB
budiman-sudjatmiko-dibajak-pdip-sebut-kubu-prabowo-subianto-lakukan-politik-devide-et-impera
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa kasus pembajakan Budiman Sudjatmiko oleh kubu Prabowo Subianto justru membuktikan ketidakpercayaan diri. (Sumber: Warta Kota/Yulianto)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto angkat bicara mengenai dukungan Budiman Sudjatmiko kepada bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto. 

Dukungan tersebut diberikan oleh Budiman saat ia ikut serta dalam deklarasi relawan Prabowo Subianto yang dikenal sebagai Prabowo-Budiman (Prabu) di Semarang pada Jumat (18/8/2023) lalu. 

Hasto menyatakan bahwa upaya kubu Prabowo Subianto untuk membajak Budiman Sudjatmiko adalah tindakan politik devide et impera (memecah belah). Selain itu, tindakan itu juga disebutnya justru mencerminkan kurangnya rasa percaya diri.

"Setelah mengeroyok Ganjar Pranowo, mereka masih menggunakan bujuk rayu kekuasaan, mencoba bertindak tidak etis, terapkan devide et impera," ujar Hasto di sela Rakerda III DPD PDIP Kalimantan Timur di Balikpapan, dikutip dari Warta Kota, Minggu (20/8/2023).

"Dengan melakukan politik devide et impera itu sebenarnya menunjukkan ketidakpercayaan diri dari pihak sana meskipun sebelumnya telah mencoba mengeroyok Pak Ganjar Pranowo, sehingga langkah-langkah itu malah akan menghasilkan suatu energi positif bagi pergerakan seluruh kader PDI Perjuangan," tuturnya.

Lebih lanjut, Hasto juga menanggapi terkait lokasi deklarasi dukungan tersebut yang berada di Provinsi Jawa Tengah. 

Dia menjelaskan bahwa tindakan yang diambil oleh Budiman dan Prabowo di Semarang justru akan memperkuat kesolidan kader PDIP di Jawa Tengah serta meningkatkan semangat para kader Partai Banteng. 

Apalagi sebelumnya, peristiwa serupa telah terjadi pada Pemilu 2019. Saat itu, kubu Prabowo mendirikan posko di Solo, tempat asal Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi lawannya. 

Namun, hasilnya adalah kemenangan berhasil diraih Jokowi dan kubu Prabowo harus menerima kekalahan. 

Maka dari itu, langkah Prabowo justru memperbesar semangat dan militansi para kader dan pendukung.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Berharap PDIP Paham Keputusannya Dukung Prabowo untuk Bangun Aliansi Strategis




Sumber : Warta Kota




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x