Kompas TV nasional humaniora

Kualitas Udara di DKI Jakarta dan Daerah Memburuk, Ini 6 Cara Atasi Dampak Udara Kotor

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 10:57 WIB
kualitas-udara-di-dki-jakarta-dan-daerah-memburuk-ini-6-cara-atasi-dampak-udara-kotor
Ilustrasi. Kualitas udara Jakarta pada Minggu (18/6/2023) pagi berada di peringkat kedua terburuk di dunia (Sumber: Dinas Lingkungan Hidup DKI)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kualitas udara di DKI Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia memburuk beberapa hari terakhir. Kualitas udara yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti batuk nyeri tenggorokan, hidung berair, dan sesak napas.

Gejala tersebut bisa memburuk hingga membuat seseorang mengalami sakit kepala, lemas, dan mual. Hal itu terjadi karena polutan yang masuk ke dalam tubuh mengikat hemoglobin, sehingga aliran oksigen dalam darah menjadi berkurang. 

Dalam jangka panjang, paparan polusi udara yang terjadi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun bisa menyebabkan penurunan fungsi paru.

Dikutip dari Kompas.com, guna mencegah dan mengurangi dampak udara kotor bagi kesehatan tubuh, ada beberapa cara yang dapat dilakukan berikut ini.

Baca Juga: IQ Air: Kualitas Udara Jakarta Tidak Sehat dan Peringkat Pertama terburuk di dunia| BERKAS KOMPAS

1. Gunakan Masker

Masker adalah salah satu cara efektif untuk melindungi diri dari partikel-partikel berbahaya dalam udara buruk. Pilihlah masker yang mampu menyaring partikel-partikel kecil seperti debu dan polutan udara lainnya. 

Pastikan masker yang digunakan sesuai dengan standar yang dianjurkan oleh kementrian atau dinas kesehatan.

2. Jaga Kebersihan Lingkungan

Jika kualitas udara diluar memburuk, penting untuk menjaga lingkungan yang tetap sehat di dalam rumah atau ruangan. Pastikan sirkulasi udara baik, jika hendak membuka jendela.

Jangan lupa membersihkan permukaan rumah secara teratur atau menggunakan alat pembersih udara atau humidifier yang sesuai.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x