Kompas TV nasional viral

Ibu-Ibu Dilarang Masuk Masjid At Thohir karena Tak Berjilbab, Pengurus Klarifikasi Tunjukan CCTV

Kompas.tv - 24 Agustus 2022, 16:42 WIB
ibu-ibu-dilarang-masuk-masjid-at-thohir-karena-tak-berjilbab-pengurus-klarifikasi-tunjukan-cctv
Pengurus Masjid At-Thohir klarifikasi video viral yang berisi narasi perempuan tak berjilbab dilarang masuk masjid. (Sumber: Kolase Instagram)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

DEPOK, JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Masjid At-Thohir, Cimanggis, Depok, mengklarifikasi video viral yang berisi ibu-ibu protes dan mengatakan bahwa dia dilarang untuk masuk ke dalam masjid karena tidak memakai jilbab.

Akun TikTok @etibudy01 mengunggah video dirinya protes karena ada seorang jamaah yang melarangnya masuk masjid.

“Halo gaes, saya hari ini mau salat maghrib, nemenin suami saya salat di masjid Erick Thohir, begitu saya masuk ngantar suami, nggak boleh masuk, ada bapak-bapak bilang katanya harus pakai jilbab, yang nggak pakai jilbab nggak boleh salat di sini,” kata ibu-ibu dalam video tersebut.

Baca Juga: Masjid Quba, Bangunan Rumah Ibadah Umat Islam yang Pertama dalam Sejarah Kembali Dibuka

Menanggapi video tersebut, Direktur Masjid At-Thohir, H. Rachmatullah mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah melarang perempuan tanpa hijab untuk memasuki wilayah masjid dan beribadah.

“Atas nama Masjid At Thohir kami menyayangkan beredarnya isu yang mengesankan Masjid At Thohir telah melarang wanita tanpa hijab beribadah,” kata Rachmatullah dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS.TV, Rabu (24/8/2022).

“Kami tak pernah melarang mereka yang tak berhijab beribadah di sini. Masjid At Thohir sangat menjunjung toleransi antar umat manusia maupun sesama Muslim.”

Pengurus masjid mengaku telah melakukan investigas melalui rekaman CCTV yang dipasang di setiap sudut masjid.

Dari rekaman CCTV tersebut, terungkap bahwa tidak ada larangan bagi seorang perempuan tanpa jilbab untuk memasuki masjid.

Terekam bahwa saat ibu-ibu tersebut masuk, terdapat salah satu jamaah yang memberi isyarat kepada ibu-ibu tersebut. Sayangnya, tidak jelas isyarat yang diberikan kepada jamaah tersebut.


Rachmatullah menegaskan bahwa jamaah tersebut bukanlah pengurus masjid.

“Jika ada yang menyebut pengurus masjid melarang wanita berhijab untuk beribadah di masjid ini, itu adalah fitnah,” ujar Rachmatullah.

Baca Juga: Hoax Penampakan Masjid Di Atas Awan - NEWS OR HOAX

Masjid At-Thohir junjung toleransi

Rachmatullah juga mengatakan bahwa Masjid At-Thohir menjunjung tinggi toleransi. Pasalnya, masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata di Cimanggis dan terbuka untuk wisatawan lokal, mancanegara, dan non muslim.

“Masjid At Thohir sangat menjunjung Islam yang rahmatan lil  alamin. Bahkan ada pula wisatawan non muslim yang datang berwisata mengambil foto dan melihat perpustakaan masjid," pungkasnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x