Kompas TV nasional peristiwa

Jelang Demo BEM SI, Situasi Lalu Lintas Kawasan Patung Kuda Terpantau Lancar

Kompas.tv - 11 April 2022, 10:22 WIB
jelang-demo-bem-si-situasi-lalu-lintas-kawasan-patung-kuda-terpantau-lancar
Sejumlah aparat kepolisian berjaga di sekitaran wilayah Patung Kuda, Senin (11/4/2022). Hingga pukul 10.00 WIB belum terlihat ada massa aksi di sekitar wilayah Patung Kuda. Lalu Lintas lancar. (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Situasi lalu kintas di kawasan Patung Kuda-Monas masih terpantau lancar menjelang aksi unjuk rasa yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini, Senin (11/4/22). 

Per pukul 10.00 WIB, pihak kepolisian belum menutup lalu lintas di jalan Medan Merdeka Barat dan jalan Medan Merdeka Selatan. 

Kapolda Metro Jaya Irjel Fadil Imran mengatakan setidaknya ada 5.626 personil dikerahkan dari gabungan Polda Metro Jaya, Korbirmob Polri, dan Satuan Kodam Jaya. 

"Ada dua titik pengamanan yang dilaksanakan pada pagi hari ini, yang pertama di sini kawasan Monas bertempat Patung Kuda dan yang kedua di depan DPR RI Senayan," kata Fadil di kawasan Monas, Senin. 

Sementara itu ada setidaknya 1.200 personel gabungan yang akan mengamankan kawasan DPR RI.

Fadil berharap agar aksi unjuk rasa disampaikan dengan humanis dan persuasif. 

"Junjung tinggi hak asasi dan mekanisme demokrasi untuk menyampaikan pendapat," kata dia. 

Fadil juga meminta agar personel gabungan untuk menaati SOP dan membangun prinsip pelayanan dengan pengunjuk rasa dengan rasa saling menghormati.

Sebelumnya, aliansi mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI menyatakan batal menggelar aksi di kawasan Patung Kuda menuju Istana, pada Senin.

Dalam seruan tersebut, BEM SI mengajak mahasiswa untuk menggeruduk rumah rakyat yakni gedung DPR.

Geruduk rumah rakyat. Aliansi BEM SI kembali akan menggelar aksi massa yang akan dilaksanakan pada Senin (11/4/2022) pukul 10.00 WIB . Lokasi DPR RI," tulis laman instagram BEM SI.

Sebagai informasi, mulanya BEM SI akan menggelar aksi unjuk rasa di sekitaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, menuju Istana Kepresidenan.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x