Kompas TV nasional kesehatan

Kemenkes: Telemedisin Isoman sangat Ramah Lansia

Kompas.tv - 12 Maret 2022, 16:55 WIB
kemenkes-telemedisin-isoman-sangat-ramah-lansia
Tampilan halaman muka layanan telemedisin Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Sumber: isoman.kemkes.go.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyediakan layanan telemedisin Isoman (Isolasi Mandiri) bagi pasien terkonfirmasi Covid-19.

Melalui layanan tersebut, pasien bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis.

Namun, bagi pasien lanjut usia (lansia) hal ini menjadi kendala karena keterbatasan literasi teknologi.

Karena itu, penting bagi keluarga & pendamping lansia (caregiver) untuk membantu memanfaatkan telemedisin ini.

Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Jubir vaksinasi Covid-19 mengatakan telemedisin juga sangat berguna bagi para lansia yang terjangkit virus Corona. 

Menurutnya ketika seorang lansia positif, pasien itu bisa mengandalkan pelayanan ini. 

"Di aplikasi ini, semua pengguna bisa dibantu untuk konsultasi klinis atau medis, lalu bisa juga pemeriksaan kesehatan di rumah hingga pengantaran obat. Jadi untuk lansia tidak perlu khawatir," katanya, Sabtu (12/3/2022) dalam sebuah kegiatan webinar. 

Menurutnya aplikasi ini juga melayani rujukan fasilitas kesehatan dan rumah sakit. Jadi semua orang bisa mendapatkan pelayanan medis tepat waktu tanpa mengantri di rumah sakit.

Baca Juga: Diperluas ke Luar Jawa - Bali, Begini Cara Dapatkan Telemedisin Gratis untuk Isoman

Sedangkan untuk pengantaran obat, Siti Nadia menjelaskan, pengguna aplikasi tidak perlu khawatir dengan proses pengantaran yang lama. Karena proses pengantaran pasti berjalan cepat. 

"Kemenkes bekerja sama dengan bekerja sama dengan 17 pelayanan, jadi proses bisa cepat dan obat yang diantarkan tidak perlu dibayar, alias gratis" ucapnya.

"Tapi ada juga obat yang berbayar juga."

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, pemerintah memperluas layanan konsultasi dokter dan paket obat gratis bagi pasien isoman ini ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Setiaji, S.T. menerangkan ,pasien lansia dapat meminta bantuan keluarganya untuk mengoperasikan telemedisin.

“Bisa minta tolong kepada adiknya, anaknya, dan lain sebagainya untuk melakukan konsultasi dan lain-lain. Jadi, tidak harus dirinya pribadi yang melakukan telekonsultasi tapi bisa dibantu oleh saudara atau anaknya sehingga telekonsultasi tetap bisa dilakukan,” kata Setiaji dalam konferensi pers Kemenkes, Rabu (16/2/2022).

Layanan ini diluncurkan setelah efektivitas layanan telemedisin isoman bagi pasien tanpa gejala dan bergejala ringan, dipertanyakan relawan Lapor Covid.

Bagaimana cara mendapat layanan siaga isoman mandiri dan bagaimana pasien dengan hasil antigen positif kini bisa menggunakan layanan telemedisin isoman?

Pemerintah menyiapkan saluran siaga atau hotline bagi masyarakat yang menjalani isoman karena terinfeksi Covid-19, namun belum bisa mengakses pelayanan telemedisin gratis.

Baca Juga: Telemedisin Isoman Diperluas ke Luar Jawa-Bali, Bagaimana Cara Mendapatkan Paketnya?



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x